7+ Aplikasi Screenshot PC atau Laptop Terbaik

Sebelumnya saya sudah menjelaskan bagaimana cara melakukan screenshot pada laptop, yang tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga sama sekali. Namun terkadang pengguna harus melakukan aplikasi luar untuk screenshot karena berbagai sebab seperti keyboard yang tidak berfungsi secara maksimal atau karena faktor lainnya.

 

Aplikasi Screenshot PC atau Laptop

Aplikasi screenshot komputer

Dari sekian banyak aplikasi yang ada, Firdaus Artikel coba rekomendasikan beberapa aplikasi screenshot PC terbaik dan sudah sangat terkenal. Apa sajakah itu? Mari simak ulasannya pada konten berikut ini

 

Lightshot

7+ Aplikasi Screenshot PC atau Laptop Terbaik 1

Lightshot merupakan salah satu aplikasi screenshot PC yang support digunakan pada windows ataupun Mac. Aplikasi ini sangat populer dan banyak digunakan oleh banyak orang pada saat ini.

Aplikasi ini dihadirkan untuk menggantikan fungsi tombol PrtScr standar yang ada pada laptop/komputer windows. Berbekal aplikasi lightshot, Anda bisa screenshot dengan dua cara yaitu ukuran penuh atau bagian yang dipilih saja.

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa melakukan pengeditan setelah melakukan tangkapan layar. Tersedia editor gambar online berkualitas yang membantu Anda dalam pengeditan tersebut.

 

Baca juga : aplikasi edit background foto.

 

Snipping Tools

7+ Aplikasi Screenshot PC atau Laptop Terbaik 2

Pada windows 10, snipping tools merupakan aplikasi bawaan yang sudah tersedia. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengambil screenshit dengan berbagai mode yaitu full screen snip, window snip, rectangular snip, dan juga free form snip hanya dengan 1 klik saja. Bahkan untuk menggunakannya, Anda tidak perlu membuka aplikasinya, tetapi bisa dilakukan dengan cara menekan tombol windows + shift + S yang ada pada keyboard.

Jika Anda ingin mengedit hasil screenshotnya, silakan buka aplikasi paint terlebih dahulu lalu klik tombol paste. Nah setelah itu, barulah Anda bisa melakukan pengeditan seperti menambah tulisan, simbol, gambar ataupun memotong gambar yang ada.

 

Jing

7+ Aplikasi Screenshot PC atau Laptop Terbaik 3

Aplikasi screenshot PC terbaik selanjutnya adalah Jing yang bisa digunakan pada sistem operasi windows. Bila snipping tool mempunyai lebih dari satu mode, beda halnya dengan aplikasi Jing yang hanya memiliki satu mode capture saja yaitu region.

Aplikasi hasil pengembangan dari TechSmith ini dapat digunakan pada windows berbagai versi baik itu windows 7, windows 8,windows 8.1, maupun windows 10. Tak hanya itu saja, Jing juga bisa digunakan pada platform mac.

Aplikasi screenshot yang satu ini juga bisa mencapture video selain gambar. Sangat mudah digunakan dan sangat unik karena adanya bubble warna oranye yang menempel pada sisi kanan monitor. Hasilnya bisa Anda edit sesuai dengan keinginan.

 

Baca juga : aplikasi podcast terbaik.

 

TinyTake

7+ Aplikasi Screenshot PC atau Laptop Terbaik 4

Sama halnya seperti aplikasi Jing, selain dapat dipakai untuk menangkap gambar aplikasi TiniTake juga bisa digunakan untuk menangkap video. Dengan aplikasi yang satu ini, Anda bukan hanya bisa mengambil gambar dan video saja tetapi juga dapat membagikan hasilnya ke orang dalam waktu yang sangat cepat.

Untuk mode capturenya, TinyTake menyediakan berbagai pilihan yaitu region capture, capture window, capture full screen, capture image from webcam, capture video, dan juga capture video from webcam. Semua mode capture tersebut bisa dilakukan dengan cepat menggunakan keyboard.

Aplikasi screenshot ini dijamin aman karena sudah mengantongi lisensi bebas spyware dan dapat bekerja pada OS Windows 7 ke atas dan minimum RAM 4 GB.

 

PicPick

7+ Aplikasi Screenshot PC atau Laptop Terbaik 5

Rekomendasi aplikasi screenshot PC yang juga tidak kalah menariknya adalah PicPick. Pada PicPick ada mode yang tidak ditemukan pada aplikasi lain sperti Window Control, Fixed Region, Scrolling Window, dan masih banyak lagi yang lainnya. Anda juga bisa membagikan hasil screenshot ke berbagai sosial media seperti facebook, skype, atau twitter.

Gambar hasil screenshot juga dapat Anda edit ataupun ditambahkan efek-efek tertentu agar semakin menarik. Selain tersedia dalam versi gratis, PicPick juga tersedia dalam versi premium dengan fitur yang lebih lengkap.

 

Baca juga : aplikasi desain logo PC + android.

 

Greenshot

7+ Aplikasi Screenshot PC atau Laptop Terbaik 6

Greenshot adalah tools untuk melakukan screenshot pada PC atau laptop dengan OS Windows. Memiliki beberapa fitur kunci yaitu fitur untuk screenshot, anotasi, pengiriman gambar, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Software yang dikembangkan oleh Thomas Braun, Jens Klingen, dan Robin Krom ini mendukung lebih dari 30 bahasa termasuk salah satunya adalah bahasa Indonesia. Kalau Anda tidak puas dengan versi gratisnya, bisa mengupgrade ke versi premium

 

Nimbus Capture

7+ Aplikasi Screenshot PC atau Laptop Terbaik 7

Nimbus Capture adalah aplikasi untuk screenshot di PC dan juga screen video recorder. Tersedia dalam dua mode capture yaitu Full Screen dan Fragment, namun ukurannya bisa Anda sesuaikan sendiri melalui custome size.

Hasil Screenshot bisa Anda simpan langsung di komputer ataupun server milik Nimbus. Selain itu, hasilnya juga bisa Anda cetak jika memang Anda ingin melakukannya.

 

Baca juga : aplikasi video call PC + smartphone.

 

Clarify

7+ Aplikasi Screenshot PC atau Laptop Terbaik 8

Clarify adalah software screenshot yang bisa Anda gunakan pada windows maupun Mac. Clarify menawarkan cara screenshot yang beragam mulai dari shortcut keyboard, menggunakan tombol capture, hingga icon di toolbar.

Salah satu fitur menarik yang ada pada software ini adalah fitur daftar yang membuat Anda bisa menjadikan hasil screenshot menjadi urutan daftar. Sangat cocok untuk Anda yang ingin membuat konten tutorial di website.

Bukan hanya itu saja fiturnya, pada clarify Anda bisa menemukan berbagai fitur lainnya seperti Border, catatan, dan alat untuk mengedit gambar hasil screenshot. Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, clarify tidak menyediakan fitur untuk screen video.

 

ShareX

7+ Aplikasi Screenshot PC atau Laptop Terbaik 9

ShareX adalah aplikasi screen capture, file sharing and productivity tool yang bersifat open source. Ukurannya tergolong cukup ringan, yaitu 15 MB saja dengan tampilan yang cukup bagus dan tidak terlalu jauh berbeda kesannya dengan aplikasi sejenis lainnya.

Secara tampilan mungkin tidak sebagus aplikasi sejenis lainnya, namun secara fungsionalitas aplikasi ShareX tetap bisa diandalkan. ShareX menyediakan 13 mode berbeda dan juga bisa digunakan untuk merekam video baik dalam format MP4 maupun GIF.

Fitur menarik lainnya dari aplikasi ShareX adalah Text Capture yang memungkinkan Anda melakukan screenshot pada gambar berisi teks dan selanjutnya mengonversinya menjadi teks yang dapat disalin.

 

Nah itulah dia beberapa rekomendasi aplikasi screenshot PC terbaik yang bisa Anda pilih. Semua aplikasi yang sudah saya sebutkan diatas semuanya gratis, bahkan beberapa ada yang bersifat open source.

Jika Anda punya rekomendasi lainnya yang juga sama bagusnya, monggo sampaikan saja di kolom komentar ya. Terima kasih.

Tinggalkan komentar