Cara Membuat Poster Hanya dari Smartphone

Apakah anda berencana membuat poster untuk keperluan promosi ataupun lainnya? Mau melakukan tetapi tidak tau bagaimana caranya? Tak perlu bingung, sebab mendesain poster itu tidak sesulit yang dibayangkan. Terlebih lagi saat ini sudah ada banyak aplikasi pembuat poster yang bisa anda manfaatkan. Bahkan cukup menggunakan ponsel cerdas, poster pun bisa diciptakan.

Hadirnya aplikasi khusus dapat membantu anda untuk mendesain secara cepat tanpa harus memiliki skill khusus di bidang desainer. Beragam poster kreatif pun bisa anda ciptakan dengan mudah tanpa menyita banyak waktu.

Bagaimana caranya? Manfaatkan canva, aplikasi yang dapat membantu anda untuk bisa membuat poster sendiri. Selain bisa dibuka dari laptop/komputer, anda juga bisa membuka aplikasi ini dari smartphone yang anda miliki.

 

Apa Itu Canva?

Cara Membuat Poster Hanya dari Smartphone 1
Sumber gambar : canva.com

Canva merupakan aplikasi desain grafis yang memang khusus dirancang untuk kelas pemula. Mengapa saya katakan demikian? Sebab, penggunaannya sangat mudah dibandingkan dengan aplikasi/software yang lainnya.

Dengan canva anda dapat mendesain berbagai kartu ucapan, brosur, thumbnail, poster, dan berbagai gambar lainnya. Canva tersedia dalam beberapa versi yaitu Android, iPhone, dan juga web. Canva bukan berasal dari Indonesia, melainkan dari Australia namun canva di Indonesia perkembangannya begitu pesat terutama di kalangan para desainer pemula.

Selayaknya aplikasi pada umumnya, canva juga tersedia dalam dua versi. Versi gratis dan juga versi berbayar dengan fitur yang jauh lebih lengkap. Bagi pengguna android, anda bisa mengunduh aplikasi ini langsung dari google play store.

Aplikasi canva hingga kini telah diunduh dan digunakan lebih dari 50 juta pengguna dari seluruh dunia. Dan mayoritas puas setelah menggunakannya, terbukti dari rating tinggi mencapai 4.7. Dan saya pun termasuk salah satu yang menggunakan, memang benar review positif tersebut tidak salah sama sekali.

Canva adalah pilihan yang tepat bagi anda ingin membuat desain dengan cepat dan jauh lebih mudah. Dan satu lagi, aplikasi canva memiliki ukuran yang ringan sehingga sama sekali tidak memakan ruang penyimpanan smartphone anda. Yuk, download aplikasinya sebelum merancang poster.

 

Cara Membuat Poster Sendiri Menggunakan Aplikasi Canva

Sebenernya anda tidak 100% mendesain poster dari awal. Tetapi hanya mengedit saja sesuai template yang tersedia. Anda dapat dengan bebas mengurangi atau pun menambahkan sesuatu pada template tersebut sehingga berubah menjadi sebuah gambar sesuai dengan keinginan. Ini berlaku untuk gambar apapun, termasuk juga poster.

Namun ada juga icon-icon khusus yang hanya bisa dihapus jika anda mengupgrade ke versi pro. Tenang saja, versi premium aplikasi ini masih terjangkau dan tidak membuat kantong anda jebol. Bahkan anda bisa memakainya secara tim agar pekerjaan menjadi jauh lebih mudah.

Berikut ini cara membuat poster di hp dengan berbekal Aplikasi Canva :

 

Download, Install, dan Login ke Akun Canva Anda

Cara Membuat Poster Hanya dari Smartphone 2

Jika anda belum memiliki aplikasinya, silakan download dan install aplikasinya di google play store. Setelah itu buka aplikasinya dan login ke akun canva  menggunakan akun google anda. Selain itu, anda juga bisa masuk dengan akun Facebook.

 

Cari Template yang Sesuai

Cara Membuat Poster Hanya dari Smartphone 3

Langkah berikutnya adalah mencari template yang Sesuai untuk mendesain poster. Di kolom pencarian, tinggal ketikkan saja “poster” dan klik enter. Selain itu kategori poster juga dapat anda temukan di bagian “jelajahi canva”. Beberapa macam template poster yang tersedia pada aplikasi canva gratis antara lain :

  • Poster kampanye iklim
  • Poster periklanan
  • Poster acara
  • Poster foto
  • Poster sekolah
  • Poster motivasi
  • Poster musik
  • Poster perubahan iklim
  • Poster konser
  • Poster ulang tahun
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Baca juga : cara mengirim cerpen ke media online

 

Mulai Melakukan Pengubahan

Cara Membuat Poster Hanya dari Smartphone 4

Ini adalah langkah terpenting dari pembuatan Poster menggunakan canva. Template yang anda pilih sebenarnya sudah merupakan poster yang jadi, namun mungkin belum tentu cocok bagi anda. Yang perlu dilakukan sekarang hanya mengeditnya saja sehingga tampilannya berubah sesuai dengan apa yang diinginkan. Beberapa hal yang dapat anda lakukan antara lain :

  • Menambah dan menghapus tulisan.
  • Mengubah ukuran dan font tulisan.
  • Mengubah warna latar belakang.
  • Menambah gambar, video, slide, Stiker, ilustrasi, dan logo
  • Menambah watermark (tanda air) jika diperlukan.
  • Dan lain sebagainya.

 

Baca juga : cara membuat sticker whatsapp

 

Terakhir Jangan Lupa Simpan dan Bagikan Poster yang Telah Anda Buat

Cara Membuat Poster Hanya dari Smartphone 5

Setelah selesai mendesain, jangan lupa simpan gambar poster anda. Caranya klik icon yang ada di pojok kanan atas lalu pilih “simpan sebagai gambar”. Selain itu, poster tersebut juga bisa langsung anda bagikan ke berbagai akun sosial media yang anda miliki.

 

Tutorial lainnya : cara mengaktifkan mode gelap di google chrome

 

Bagaimana? Tidak sulit bukan? Demikianlah cara membuat poster hanya bermodalkan ponsel android saja. Walaupun dengan modal yang sederhana, tak membuat siapapun merasa kesulitan untuk mendesain sebuah gambar. Sebab aplikasi canva hadir untuk membantu pemula menghasilkan gambar desain berkualitas dengan cara yang sederhana.

Tinggalkan komentar