Sangat Mudah! Inilah Cara Membuat Stiker Whatsapp di Android

Aplikasi whatsapp terus mengalami perkembangan sejak awal peluncurannya beberapa tahun yang lalu. Bukan sekedar berfungsi untuk mengirim pesan, telepon, atau video call saja kini aplikasi ciptaan Jan Koum dan Brian Action ini memiliki banyak sekali fitur-fitur baru yang tidak kalah menarik.

Selain sidik jari dan verifikasi dua langkah yang merupakan salah satu fitur baru dari WhatsApp, kini aplikasi instan messaging ini juga menghadirkan fitur stiker. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengirimkan berbagai macam gambar stiker menarik kepada sesama pengguna whatsapp.

Selain dapat mengirim secara pribadi, stiker tersebut juga bisa dikirimkan melalui grup. Cara membuat stiker sendiri untuk WhatsApp tidak menggunakan aplikasi tersebut, melainkan memakai aplikasi pihak ketiga yang ada pada google play store.

 

Beragam Pilihan Aplikasi Membuat Stiker WA (WhatsApp)

Tak hanya satu saja, anda bisa menemukan banyak sekali aplikasi khusus untuk membuat stiker untuk WhatsApp yang menarik dan dapat dibagikan kepada teman-teman, keluarga, tetangga, dan siapapun pengguna WhatsApp. Tak perlu ragu untuk mengunduhnya, sebab aplikasi tersebut ada yang memiliki ukuran ringan sehingga tidak memakan memori internal pada ponsel anda.

Tentang aplikasi stiker whatsapp, sebelumnya telah Firdaus bahas pada konten sebelumnya. Anda bisa melihat-lihatnya dulu pada artikel berikut ini. Selanjutnya, langsung saja kita mulai panduannya membuat stiker whatsapp sendiri. Mari disimak!

 

Cara Membuat Stiker Whatsapp di Android

Tak perlu menyiapkan laptop atau komputer untuk bisa membuat stiker menarik untuk whatsapp messenger ataupun whatsapp business. Sebab, dengan android pun anda sudah dapat membuat dan mengirimkan Stiker Whatsapp dengan mudah hanya dalam satu genggaman.

Yang anda butuhkan dalam menerapkan cara membuat stiker wa sendiri di android hanyalah smartphone, aplikasi whatsapp, dan aplikasi pihak ketiga. Untuk lebih jelasnya, langsung saja ikuti tutorialnya berikut ini :

 

Siapkan Gambarnya Terlebih Dahulu

Sebelum memulai pembuatan sticker, hal pertama yang harus anda persiapkan adalah gambar atau foto. Bukan gambar biasa, tetapi gambar yang telah dihilangkan latar belakangnya. Contohnya seperti pada gambar di bawah ini

Sangat Mudah! Inilah Cara Membuat Stiker Whatsapp di Android 1

Jika ada sudah memiliki gambar seperti itu, maka tidak perlu dilakukan pengeditan lagi. Sementara itu, jika gambar yang anda miliki masih memiliki latar belakang bisa dihapus dengan menggunakan aplikasi background eraser.

 

  • Download dan install aplikasi background eraser di google play store.

Aplikasi penghapus latar belakang

  • Setelah itu buka aplikasinya dan klik “load a photo” untuk mengambil gambar akan dihilangkan backgroundnya.

Sangat Mudah! Inilah Cara Membuat Stiker Whatsapp di Android 2

  • Selanjutnya crop gambar sesuai dengan keinginan. Jika tidak ingin di crop pun tidak menjadi masalah. Klik done (✓).

Sangat Mudah! Inilah Cara Membuat Stiker Whatsapp di Android 3

  • Sekarang saatnya menghilangkan background gambar. Anda bisa menggunakan cara manual atau auto, untuk lebih cepat saya sarankan untuk menggunakan yang auto saja. Caranya klik ikon auto hingga muncul tanda seperti ini.

Sangat Mudah! Inilah Cara Membuat Stiker Whatsapp di Android 4

  • Klik tepat pada ikon (+) untuk menghapus latar belakang gambar secara otomatis. Apabila sudah selesai, silakan klik done (✓).

Sangat Mudah! Inilah Cara Membuat Stiker Whatsapp di Android 5

  • Berikut ini preview tampilan gambaran yang telah dihilangkan latar belakangnya. Klik save untuk menyimpan gambar.

Sangat Mudah! Inilah Cara Membuat Stiker Whatsapp di Android 6

  • Tahapan pertama selesai! Kini anda sudah memiliki gambar tanpa belakang. Selanjutnya anda bisa menggunakan gambar ini untuk membuat stiker.

Sangat Mudah! Inilah Cara Membuat Stiker Whatsapp di Android 7

 

Saatnya Membuat Stiker Sekarang!

Bila gambar sudah disiapkan, maka sekarang saatnya untuk menciptakan gambar stiker sendiri menggunakan salah satu aplikasi pihak ketiga di google play store. Saya sendiri menggunakan aplikasi DIY Sticker Maker.

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi pembuat Stiker terbaik yang dikembangkan oleh magic mobile studio. Dapat digunakan secara gratis dan sangat mudah digunakan.

Tidak cuma stiker berupa gambar, pada aplikasi ini anda juga dapat menambah teks atau tulisan pada stiker. Langsung saja, berikut ini cara membuat stiker whatsapp menggunakan aplikasi DIY Stiker Maker.

 

  • Silakan download dan install terlebih dahulu aplikasinya melalui google play store.

Cara membuat stiker whatsapp di Android dengan DIY Stiker Maker

  • Selanjutnya buat paket Stiker anda. Paket ini nantinya merupakan tempat untuk meletakan stiker yang telah dibuat. Pilih “paket stiker baru” untuk memulai membuat paket stiker.

Sangat Mudah! Inilah Cara Membuat Stiker Whatsapp di Android 8

  • Isi nama paket dan nama penulis sesuai dengan keinginan.

Sangat Mudah! Inilah Cara Membuat Stiker Whatsapp di Android 9

  • Berikutnya klik tanda + untuk menambah stiker baru yang akan dibuat.

Sangat Mudah! Inilah Cara Membuat Stiker Whatsapp di Android 10

  • Sekarang, upload gambar tadi untuk diedit menjadi stiker menarik. Gambar tersebut biasanya terletak pada folder “eraser”.
  • Silakan potong gambar jika anda ingin memotongnya. Jika tidak, bisa di skip dan langsung klik tanda ✓ yang ada di pojok kanan atas.

Sangat Mudah! Inilah Cara Membuat Stiker Whatsapp di Android 11

  • Sesuaikan ukuran stiker dan tap tanda ✓ jika telah selesai.
  • Proses berikutnya, anda bisa stiker menarik lainnya atau teks. Kreasikan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Tanpa keduanya pun juga bukan jadi masalah.

Sangat Mudah! Inilah Cara Membuat Stiker Whatsapp di Android 12

  • Jangan lupa simpan Stiker anda dengan mengklik icon save yang berada di pojok kanan atas.
  • Jika ingin Stiker diimpor ke aplikasi whatsapp, anda harus mengklik terlebih dahulu tombol “tambahkan ke Whatsapp” (lihat gambar di bawah ini).

Sangat Mudah! Inilah Cara Membuat Stiker Whatsapp di Android 13

  • Selamat, kini anda sudah memiliki stiker sendiri dan sudah dapat dikirimkan melalui aplikasi whatsapp.

 

Tak hanya satu stiker saja, anda bisa menambah maksimal hingga 3 Stiker dalam satu paket. Untuk menambahkannya, cukup tekan ikon (+) seperti tampak pada gambar di atas dan ikuti petunjuk selanjutnya. Caranya sama seperti saat anda membuat stiker pertama.

 

Baca juga : cara membuat katalog whatsapp

 

Cara Mengirimkan Stiker Whatsapp

Mengirim stiker ke orang lain maupun grup tidaklah sulit dilakukan. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Pastikan anda telah menggunakan whatsapp versi terbaru. Jika belum, silakan perbarui terlebih dahulu melalui google play store.
  • Pada jendela chat, perorangan ataupun grup silakan tap ikon emoticon yang ada di pojok kiri bawah
  • Apabila telah melakukan hal di atas, silakan tap ikon stiker yang letaknya di bagian bawah sendiri. Tepat di samping kanan ikon GIF
  • Berikutnya, tap salah satu stiker terpilih supaya bisa ke jendela chat. Stiker yang sudah anda buat tadi dipastikan sudah ada di sana.
  • Anda bisa menggulir ke kanan dan ke bawah untuk melihat stiker lainnya.

 

Artikel menarik lainnya : cara mengaktifkan dark mode

 

Bagaimana tidak sulit bukan? Demikianlah pembahasan mengenai cara membuat stiker whatsapp di android dan mengirimkannya. Selamat mencoba dan jangan ragu bertanya jika ada yang belum anda pahami. Sekian dan sampai bertemu pada konten menarik berikutnya dari firdausartikel.com

Tinggalkan komentar