5 Faktor yang Menyebabkan Sulit Hamil dan Patut Diwaspadai

 

Setiap pasangan yang sudah menikah pastinya menginginkan adanya buah hati bukan? Sebab dengan adanya anak inilah membuat hubungan pasangan suami istri semakin erat. Tidak lengkap rasanya jika suami istri belum menjadi ayah dan ibu setelah mereka menikah.

Namun kehadiran buah hati merupakan urusan Tuhan. Kita tidak akan pernah tau kapan akan dianugerahi anak, ada yang sebulan, tiga bulan, enam bulan, dan ada juga yang bertahun-tahun belum dikaruniai seorang anak pun.

Beragam cara telah diupayakan, terutama bagi seorang istri supaya bisa hamil dan memiliki keturunan. Salah satu yang biasanya dilakukan adalah dengan mengikuti prosedur bayi tabung.

5 Faktor yang Menyebabkan Sulit Hamil dan Patut Diwaspadai 1

 

Faktor yang Menyebabkan Sulit Hamil Bagi Wanita

Sulit Hamil sebenarnya bukan berarti  mengalami kemandulan. Yang paling mungkin, terganggunya masalah kesuburan sehingga membuat kehamilan menjadi tertunda. Jangankan kurang subur, wanita subur pun sebenarnya belum tentu bisa hamil dengan cepat.

Lantas, apa yang membuat ini bisa terjadi? Sebagai seorang wanita, anda perlu tau mengenai apa saja yang menjadi penyebab lama hamil setelah menikah. Apa sajakah itu? Berikut ini adalah penjelasannya :

 

Obesitas

Obesitas alias kegemukan merupakan salah satu hal yang menjadikan susah hamil bagi seorang wanita. Data menunjukkan bahwa, sebanyak sekitar 30% kemandulan disebabkan karena kelebihan berat badan sebagai akibat pola hidup yang buruk.

Selain itu, berat badan juga sangat berpengaruh terhadap kesuburan seorang wanita, utamanya berkaitan dengan kadar hormon. Jumlah estrogen yang berlebihan akan mengganggu sistem reproduksi wanita. Maka hal ini membuat kehamilan tak kunjung datang.

 

Baca juga : diet sehat dengan buah kiwi

 

Penyakit Pada Organ Reproduksi

Selain masalah berat badan, faktor yang menyebabkan sulit hamil berikutnya bagi wanita adalah penyakit yang ada pada organ reproduksi. Jika suami maupun istri mengalami hal seperti ini, membuat sang istri menjadi sulit mendapatkan momongan.

Setidaknya ada beberapa penyakit reproduksi wanita yang beresiko mempersulit kehamilan antara lain yaitu endometriosis, miom, sindrom ovarium polikistik, radang panggul, dan infeksi menular seksual. Maka dari itu, jika anda merasa punya salah satu penyakit tersebut segera pergi ke dokter untuk segera diobati agar kehamilan itu bisa segera datang.

 

Terlalu Jarang Berhubungan Badan

Anda susah susah hamil? Mungkin salah satu penyebabnya adalah terlalu jarang berhubungan badan dengan suami. Program ini memang seharusnya rutin dilakukan untuk memperbesar peluang seorang wanita untuk hamil hingga akhirnya mendapatkan momongan.

Terlebih lagi jika anda dan suami melakukannya di masa subur, membuat potensi kehamilan akan semakin besar. Dan jika masa ini sampai terlewati, tentunya membuat kehamilan jadi tertunda bahkan menjadi semakin sulit untuk terwujud.

 

Dari Makanan dan Minuman

Mungkin selama ini banyak wanita yang tidak sadar, termasuk anda sendiri mengkonsumsi makanan dan minuman yang sebenarnya membuat seseorang menjadi sulit untuk mendapatkan buah hati. Makanan yang selama ini dianggap sehat, justru dapat menurunkan peluang hamil sehingga patut untuk dihindari.

Adapun beberapa makanan serta minuman tersebut antara lain yaitu protein hewani mentah, alkohol, rokok, kafein, donat, pop corn, dan juga junk food. Hindari atau paling tidak kurangi konsumsi makanan dan minuman tersebut supaya peluang anda untuk bisa hamil tidak turun terlalu banyak.

 

Baca juga : bahaya makan bakso

 

Pernah Menunda Kehamilan Sebelumnya

Pasangan suami istri yang baru saja menikah belum tentu langsung merencanakan atau menginginkan untuk memiliki buah hati. Ada banyak faktor yang membuat mereka harus menunda program terlebih dahulu, salah satunya adalah tentang masalah biaya hidup untuk anak-anak nantinya.

Selain itu, ada juga pasangan suami istri yang sengaja ingin menikmati waktu bersama dulu tanpa hadirnya orang ketiga di tengah-tengah mereka. Maka dari itu, mereka memutuskan untuk menunda kehamilan terlebih dahulu.

Penundaan kehamilan biasanya dilakukan dengan dua cara, cara alami dan cara buatan. Cara alami dilakukan dengan mencatat masa subur wanita, jika hal tersebut sudah diketahui maka secara otomatis mereka tidak akan berhubungan badan di waktu-waktu tersebut.

Sementara itu cara buatan adalah dengan menggunakan obat-obatan atau alat kontrasepsi. Yang paling sering digunakan adalah kondom, konsumsi pil KB, dan juga suntik KB. Namun pemakaian obat-obatan tersebut kurang bagus untuk jangka panjang karena dapat mempengaruhi siklus menstruasi.

 

Artikel lainnya : cara menggunakan deterjen khusus pakaian bayi

 

Jadi itulah beberapa faktor yang menyebabkan sulit hamil bagi wanita. Sebaiknya jangan lakukan kelima hal di atas jika anda benar-benar ingin cepat mendapatkan momongan. Jangan khawatir, anda tetap bisa memprogram kehamilan lewat Bocah Indonesia, untuk informasi lengkapnya tinggal klik disini ya. Terima kasih.

Bagikan tulisan ini

Tinggalkan komentar