4 Manfaat Memiliki Domain untuk Bisnis yang Lebih Berkembang!

Manfaat memiliki domain untuk bisnis

Tepat sekitar 1,5 tahun yang lalu saya memutuskan untuk terjun di dunia blogger. Selain itu menyalurkan hobi menulis, saya juga berusaha semaksimal mungkin mencari uang dari blog yang saya kelola sendiri. Melihat yang lain telah sukses dan memiliki penghasilan sendiri, saya pun ingin mengikuti jejak mereka.

 

Tetapi apa yang terjadi?

 

Ternyata semua tak sesuai dengan apa yang sudah saya impikan sebelumnya. Tercatat selama kurang lebih 6 bulan ngeblog, tak sepeser pun uang saya dapatkan. Ditambah lagi saat itu saya benar-benar pengangguran tak ada pekerjaan. Sungguh sedih rasanya, merasa semuanya bakal sia sia belaka.

Sempat ada keinginan untuk berhenti karena lelah menjalani ini semua. 6 bulan ngeblog, namun tak ada sedikitpun hasil yang aku dapatkan. Apa tulisanku kurang bagus? Apa blogku yang kurang menarik? Sepertinya saat itu saya tidak peduli dengan hal itu.

 

Beruntung..  semua berubah ketika ada teman memberikan saran kepadaku. Apa saran dia?

 

Dia memberi saran kepada saya untuk membeli domain. Katanya sih supaya blog kita biar lebih profesional. Dan memang benar, semenjak domain firdausartikel.com jumlah pendapatanku dari situs tersebut cenderung meningkat daripada 1 tahun yang lalu.

Memang jumlahnya tidaklah besar besar amat. Tetapi, Alhamdulillah sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tak hanya untuk saya sendiri, tetapi juga untuk kedua orang tua saya yang sudah cukup tua. Alhamdulillah, selama kurang lebih 1 tahun ini saya bisa mendapatkan hasil dari web yaitu kerjasama content placement dan bisnis jasa penulisan konten berkualitas.

Dapat dikatakan, semua ini berubah semenjak situs aku memiliki domain. Semenjak domain, bisnis jasa penulisan konten yang telah aku jalankan sejak tahun 2018 alhamdulilah mengalami peningkatan pendapatan dan sudah memiliki cukup banyak klien dari berbagai daerah.

4 Manfaat Memiliki Domain untuk Bisnis yang Lebih Berkembang! 1

Berbicara soal domain, saya akan memberikan sedikit penjelasan kepada kalian mengenai domain dan juga manfaatnya dari segi bisnis

 

Apa Itu Domain?

4 Manfaat Memiliki Domain untuk Bisnis yang Lebih Berkembang! 2

Istilah domain mungkin kamu pernah mendengarnya, namun belum mengetahui apa artinya. Domain adalah nama yang diberikan untuk mengidentifikasi sebuah jaringan tanpa harus menggunakan internet protokol atau yang disebut dengan IP. Domain ini sifatnya unik, artinya satu nama atau alamat domain hanya bisa dimiliki oleh satu orang saja.

Perkembangan domain semakin meningkat dari dahulu hingga saat ini. Domain pertama kali digunakan pada tahun 1985 oleh perusahaan komputer asal Amerika Serikat bernama Symbolics.com. Ketika itu tercatat hanya enam alamat domain yang terdaftar. Berbeda jauh dengan sekarang dimana jumlah domain terdaftar sudah mencapai lebih dari ratusan juta.

 

Fungsi Domain

Domain pada intinya berfungsi untuk menggantikan alamat IP server komputer sehingga memudahkan pengguna internet untuk mengaksesnya. Sebagaimana yang kita ketahui, IP Server merupakan angka-angka unik yang berbeda sehingga kamu mungkin sulit mengingatnya.

Tak hanya itu saja, domain juga berperan dalam dunia bisnis. Dimana, domain dapat berfungsi sebagai sebagai brand bisnis atau identitas daring di internet.

 

Macam – Macam Domain

Eksitensi Domain terdiri atas berbagai jenis. Contohnya adalah Salah satunya adalah firdausartikel.com. firdausartikel disebut sebagai nama atau alamat domain. Sedangkan .com disebut dengan eksistensi domain. Cirinya, pasti selalu didahului dengan tanda titik (.) Berikut ini adalah macam-macamnya :

 

Generic Top Level Domain (gTLD)

Top Level Domain atau yang kerap disebut gTLD adalah domain yang paling sering digunakan oleh publik. Baik oleh pribadi maupun oleh perusahaan. Beberapa contoh domain tld adalah .com, .net, .org, dan . info.

 

Country Code Top Level Domain (CcTLD)

Tipe domain yang satu ini menggunakan kode negara sebagai identitas utamanya. Sebagai contoh, untuk negara Indonesia identitas domainnya adalah .id, Amerika adalah .us,  Jepang adalah .jp, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Sponsored Top Level Domain adalah domain yang biasanya khusus digunakan organisasi atau lembaga tertentu saja. Untuk mendapatkannya, ada persyaratan khusus selain uang pembayaran untuk sewa domain. Beberapa contoh eksistensi domain yang satu ini adalah biz, .pro dan .name.

 

Serta masih banyak lagi yang lainnya…

 

Cara Mendapatkan Domain

Bagaimana cara mendapatkan dan memiliki domain itu? Apakah bisa didapatkan secara gratis? Jawabannya tentu saja tidak. Kecuali jika ada orang atau perusahaan baik yang memberikannya kepada anda.

Untuk mendapatkannya, kamu harus melakukan sewa domain di perusahaan penyedia hosting dan domain. Salah satunya adalah rumahweb, yang merupakan penyedia domain murah terbaik di Indonesia. Masa berlaku sewa domain adalah 1 tahun terhitung sejak tanggal pembelian.

Domain murah di rumahweb

Harga sewa setiap eksitensi Domain berbeda-beda. Anda bisa langsung melihatnya di website resmi rumahweb yaitu https://rumahweb.com. Untuk domain tertentu, biasanya diharuskan menyerahkan beberapa persyaratan tambahan. Salah satunya adalah domain .co.id yang mengharuskan pembelinya untuk mengupload dokumen perusahaan seperti SIUP dan NPWP

Jangan khawatir, membeli domain di rumahweb benar-benar aman kok. Rumahweb adalah perusahaan domain terpercaya yang telah terdaftar  ICANN & PANDI. Hadir sejak tahun 2002, rumahweb siap 7×24 jam untuk membantu kita semua yang membutuhkan bantuan.

 

Manfaat Memiliki Domain Untuk Bisnis yang Lebih Berkembang

Saat ini, kita berada di zaman industri 4.0, dimana yang semula yang bersifat tradisional telah digantikan yang lebih modern, yakni teknologi. Revolusi industri 4.0 telah mempengaruhi banyak kehidupan manusia di berbagai bidang, salah satunya adalah pada bidang bisnis.

Kebiasaan belanja dulu dan sekarang sudah berubah drastis. Jika dulu orang masih banyak yang mendatangi toko-toko konvensional, berbeda dengan sekarang belanja sudah secara online. Tinggal pesan lewat hp, dalam beberapa hari barang tiba di tempat kita.

Menurut data yang dirilis Mckinsey, pada tahun 2018 94% konsumen dunia telah melibatkan internet saat berbelanja. Ini artinya hampir 100% konsumen dunia sudah jarang mengunjungi toko fisik untuk berbelanja.

Data belanja online dunia

Data dan fakta tersebut juga menjadi alasan saya membuka bisnis online di bidang jasa. Mulai dari jasa penulisan konten, jasa sponsored post, hingga jasa content placement. Semua jasa semakin berkembang semenjak situs saya berdomain.com. Alhamdulillah, hingga kini saya memiliki cukup banyak klien.

Domain memang sangat berperan penting untuk memajukan suatu bisnis. Apa saja manfaatnya? Berikut Firdaus Artikel akan mengulasnya untuk kalian semua!

 

Membuat Website

4 Manfaat Memiliki Domain untuk Bisnis yang Lebih Berkembang! 3
Website firdausartikel.com

Dengan memiliki domain, kamu bisa membuat sebuah website yang bisa dipergunakan untuk mempromosikan bisnis kamu. Hadirnya domain membuat situs kamu bisa diakses oleh semua orang, baik dari Indonesia maupun negara lainnya.

 

Sekarang pertanyaannya, mengapa harus jualan melalui website?

Bukankah bisa berjualan di media sosial?

 

Eits tunggu dulu, jumlah pengguna sosial media memang sangat banyak sekali. Selain itu jumlah transaksi di sosial media pun masih tinggi hingga saat ini, tetapi website bisa membantu kalian untuk memperoleh pembeli tanpa harus melakukan promosi spam seperti di sosial media.

Pembeli bisa datang langsung dari google. Di zaman sekarang, banyak milinieal yang langsung mencari produk dengan mengetikkan kata kunci di google. Salah satu contohnya adalah seperti pada data di bawah ini :

4 Manfaat Memiliki Domain untuk Bisnis yang Lebih Berkembang! 4

Berdasarkan data dari ubbersugest tersebut, total lebih dari 201 ribu kali kata kunci “harga hp Samsung” dicari dalam waktu kurang lebih sebulan terakhir. Jika website kamu berhasil menduduki peringkat atas, tentu membuka peluang untuk mendapatkan pembeli.

Itulah sebabnya, semenjak memiliki website saya tidak terlalu jor joran lagi melakukan promosi di sosial media. Alhamdulillah meskipun begitu, klien/pembeli bisa saya dapatkan dari mesin pencari.

Teruntuk kamu yang belum bisa dan belum mengerti bagaimana cara membuat website, tak perlu bingung sebab Rumahweb bisa membantu kesulitan kamu. Kamu bisa memanfaatkan website builder dari Rumahweb.

 

Membuat Email Profesional

Custom email domain

Apakah email kamu masih anonim@gmail.com? Memang tidak ada yang salah dengan email tersebut, tetapi menggunakan email gratisan membuat calon klien kurang tertarik dan yakin dengan bisnis yang kamu tawarkan. Adanya domain bisa membuat alamat email profesional. Ini membantumu supaya terlihat lebih profesional dan kredibel di mata pelanggan.

Bila kamu ingin membuat email profesional, bisa juga melalui rumahweb kok. Caranya, cukup dengan membeli domain + hosting secara otomatis kamu sudah bisa membuat email dengan nama domain sendiri, contohnya : admin@firdausartikel.com. Pembuatan email tanpa dipungut biaya sepeserpun!

 

Bisa Terhubung ke Media Sosial

4 Manfaat Memiliki Domain untuk Bisnis yang Lebih Berkembang! 5

Tentu saja calon pembeli ingin tau siapa sesungguhnya dibalik pemilik website tersebut. Maka dari itu, kamu perlu menunjukkan identitas diri salah satunya dengan membuat akun asli di sosial media seperti Facebook, Instagram, atau Twitter. Website dan sosial media bisa saling terhubung satu sama lain.

Pada sosmed, kamu bisa menampilkan url Website langsung pada bagian bio. Bahkan ketiga sosmed tersebut telah mendukung fitur link aktif langsung klik yang tentu saja sangat menguntungkan bagi pemiliknya. Dengan hal ini, calon pembeli akan semakin yakin untuk membeli.

 

Meningkatkan Kredibilitas

4 Manfaat Memiliki Domain untuk Bisnis yang Lebih Berkembang! 6

Punya website profesional, akun sosial media real plus email yang juga profesional tentu saja bisa membuat calon pelanggan yakin dengan bisnis yang sedang kamu jalankan dan berpeluang besar meningkatkan penjualan. Artinya, Kredibilitasmu bakal meningkat daripada sebelum kamu memiliki ketiganya.

Namun perlu diingat, pastikan kamu hanya menggunakan website berdomain legal sehingga bisa terus diakses seterusnya. Kamu bisa menyewa domain murah dan berkualitas langsung dari rumahweb.com

 

Jadi tunggu apa lagi, miliki domain dari sekarang dan buat email profesional maka bisnis kamu akan lebih terpercaya. Saya telah membuktikannya sendiri dan kamu pun juga bisa membuktikannya.

Demikian pembahasan tentang manfaat memiliki domain untuk bisnis, semoga bermanfaat!

4 Manfaat Memiliki Domain untuk Bisnis yang Lebih Berkembang! 7

Bagikan tulisan ini

7 pemikiran pada “4 Manfaat Memiliki Domain untuk Bisnis yang Lebih Berkembang!”

  1. Domain sebuah blog layaknya sebuah nama pada seseorang. Sang pemilik nama akan lebih bangga apabila telah memiliki gelar pada namanya. Demikian juga untuk domain sebuah blog. Apakah gelarnya .com, .net, .id dan sebagainya. Hal ini juga untuk subdomain blog, yang diibaratkan gelar depan pada sebuah nama.

  2. Betul banget, domain sangat berperan dalam hal dunia internet, demi mendapatkan penglihatan orang lain kepada bisnis yang kita tawarkan tentu domain TLD itu lbh dipercaya / lebih serius dari pada alamat gratisan!!

Tinggalkan komentar