7+ Peluang Bisnis Dropship Terbaik 2020

Ada banyak peluang bisnis dropship yang bisa Anda manfaatkan sebagai pemasukan sampingan. Bahkan beberapa di antaranya tidak membutuhkan modal yang besar layaknya menjadi seorang reseller.

Dengan budget ratusan ribu saja, Anda sudah bisa memulai bisnis ini dan mengembangkannya secara bertahap.

Apalagi saat ini sudah banyak media yang bisa Anda manfaatkan sebagai tempat berjualan barang dropship. Mulai dari toko online seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Shopee, ataupun media sosial seperti Facebook dan Instagram. Sehingga peluang bisnis dropship 2020 ini sangat besar dan wajib Anda manfaatkan.

Tapi sekarang muncul pertanyaan, bagaimana cara mulai bisnis sebagai dropshipper? Nah, mari kita cari jawabannya dalam artikel ini.

 

Apa Itu Dropshipper?

Masih banyak masyarakat Indonesia yang menganggap dropship dan reseller adalah 2 bisnis yang sama. Meskipun cara kerja keduanya memang mirip, namun dua cara bisnis online ini sebenarnya berbeda.

Dropship adalah cara berjualan online dengan hanya mencari pelanggan saja. Sedangkan produk, packaging dan pengirimannya dilakukan oleh toko pihak pertama yang sudah bekerja sama dengan Anda. Sehingga Anda tidak perlu lagi membeli barang sebagai stok untuk dijual kembali.

Berbeda dengan reseller, dimana Anda harus membeli dulu barang ke toko pihak pertama. Kemudian dikemas dan dijual ulang ke pelanggan dengan nama merk baru.

Cara kerja dropship yang mudah, tidak butuh modal besar, serta minim resiko dinilai cocok untuk dimanfaatkan sebagai bisnis sampingan. Sehingga Anda tidak perlu keluar dari pekerjaan utama untuk bisa mengembangkan dan memulai usaha sampingan online di rumah.

 

Baca juga : perbedaan dropship dan reseller.

 

Ide Bisnis Dropship Paling Menjanjikan di Tahun 2020

Seperti yang dikatakan tadi, ada banyak peluang usaha dropship yang bisa Anda manfaatkan. Tapi agar hasilnya lebih maksimal, Anda perlu menentukan satu bidang produk yang ingin dijual.

Oleh karena itu jika ingin memulai bisnis online ini dari sekarang, Firdaus Artikel bisa membantu dengan membagikan peluang – peluang bisnis dropship yang paling menjanjikan di tahun ini.

 

Frozen Food atau Makanan Beku

7+ Peluang Bisnis Dropship Terbaik 2020 1

Peluang bisnis pertama adalah dengan menjual makanan beku sebagai dropshipper. Beberapa dari Anda mungkin belum pernah coba atau bahkan baru pertama kali mendengar tentang frozen food.

Karena memang jenis makanan beku masih terbilang baru di Indonesia dan sedang naik daun di masa pandemi ini.

Karena semakin banyak masyarakat yang masak di rumah namun tidak punya waktu untuk setiap hari ke pasar, maka dipilih lah makanan beku yang lebih awet namun tetap bergizi. Umumnya makanan beku ini berupa daging – dagingan, ikan, maupun ayam potong dan nugget.

Harga frozen food ini juga beragam. Mulai dari 18 ribu hingga 350 ribu per kemasan. Dan umumnya, konsumen dari makanan beku ini adalah ibu rumah tangga maupun wanita karir di kota – kota besar.

 

Aksesoris Elektronik dan Gawai

7+ Peluang Bisnis Dropship Terbaik 2020 2

Berikutnya ada aksesoris gawai dan elektronik yang banyak dicari oleh para remaja di seluruh Indonesia. Misalnya seperti phone case, headset dan headphone, tripod, monopod, ring light, dan masih banyak lagi.

Untuk memulai bisnis dropship aksesoris elektronik ini terbilang mudah dan tidak butuh modal yang besar. Sebab kebanyakan produk berkisar di harga 10 ribu hingga paling mahal 200 ribu.

Bukan hanya itu, aksesoris elektronik juga selalu menjadi salah satu produk paling dicari di aplikasi dropship online seperti Tokopedia.

Namun agar bisa melayani pelanggan dengan benar, Anda perlu mengetahui informasi mengenai produk – produk yang dijual. Sehingga Anda bisa menjawab semua pertanyaan pelanggan.

 

Baca juga : bisnis anak sekolah.

 

Makanan Kemasan

7+ Peluang Bisnis Dropship Terbaik 2020 3
Sumber gambar : detikfinance

Hampir serupa dengan frozen food, makanan kemasan baik seperti makanan ringan dan camilan juga sangat diminati masyarakat Indonesia. Sehingga peluang bisnis dropship di bidang kuliner satu ini juga tidak kalah menjanjikan.

Bahkan Anda tidak perlu mencari produsen utama dari toko online lain. Anda bisa bekerja sama dengan UMKM lokal atau tetangga yang suka membuat makanan – makanan ringan yang sudah dikemas.

Jadi Anda hanya perlu mempromosikan dan mencari pembeli dari produk tersebut. Sedangkan makanan ringannya bisa dikirim langsung dari produsen utama dengan mengatasnamakan toko dropship Anda sendiri.

 

Kosmetik dan Produk Kecantikan

7+ Peluang Bisnis Dropship Terbaik 2020 4

Usaha dropship yang satu ini pastinya lebih cocok bila dilakukan oleh para wanita. Karena kebanyakan wanita di Indonesia lebih mengerti mengenai produk – produk kecantikan, perawatan kulit, dan kosmetik. Meskipun memang konsumen dan produk perawatan kulit bukan hanya wanita saja.

Keuntungan dari menjadi dropshipper produk kosmetik adalah Anda bisa mencari banyak produk dari berbagai brand yang sudah terkenal meskipun tidak bekerja sama dengan brand tersebut.

Misalnya menjadi dropshipper produk AXE dan menggunakan semua foto produknya tanpa harus takut dianggap menyalah gunakan foto milik penjual lain.

Sedangkan kekurangannya adalah persaingan antar penjual produk kosmetik cukup ketat. Sehingga Anda harus menyusun strategi agar toko dropship Anda bisa selalu terlihat di halaman utama toko online.

 

Pakaian Pria & Wanita

7+ Peluang Bisnis Dropship Terbaik 2020 5

Peluang bisnis dropship yang berikutnya juga tidak kalah dicari di Indonesia. Sebab siapa sih yang tidak butuh pakaian? Mengingat sandang adalah salah satu dari 3 kebutuhan primer manusia.

Salah satu produk pakaian yang paling banyak dicari oleh masyarakat Indonesia umumnya seperti gamis, kerudung, batik, atau baju – baju lengan panjang.

Namun jika Anda ingin menargetkan konsumen anak muda, maka baju yang lebih cocok dijadikan dropship adalah model baju kaos polos ataupun baju – baju lengan pendek.

Umumnya untuk menjadi dropshiper pakaian pria dan wanita, Anda perlu menghubungi langsung toko yang ingin Anda ajak bekerja sama. Sehingga mereka akan membagikan model – model baju dengan kualitas gambar yang lebih bagus.

 

 Baca juga : bisnis bidang pariwisata.

 

Sayuran dan Buah – Buahan

7+ Peluang Bisnis Dropship Terbaik 2020 6

Secara mengejutkan, sayur dan buah menjadi salah satu makanan yang paling dicari di masa pandemi seperti ini. Sebab banyak dokter maupun influencer yang menyarankan untuk selalu mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang.

Oleh karena itu, Anda perlu memanfaatkan peluang bisnis dropship ini dengan cara menjual sayuran dan buah – buahan segar secara online. Anda tidak perlu bekerja sama dengan penjual sayur dan buah lokal di tempat Anda. Sebab kini sudah banyak penjual bahan makanan organik segar di toko online yang bisa Anda ajak kerja sama.

 

Sepatu

7+ Peluang Bisnis Dropship Terbaik 2020 7

Berikutnya ada sepatu, salah satu ikon fashion anak muda yang tengah naik daun beberapa tahun belakangan ini. Meskipun modal untuk menjadi dropshiper sepatu ini cukup besar, namun hasilnya sepadan dengan banyaknya minat pelanggan.

Tetapi Anda juga harus mengerti sepatu yang disukai para remaja ibu kota. Misalnya seperti contohnya sepatu dari brand Vans, Ventela, atau Compass.

 

Baca juga : peluang bisnis bidang otomotif.

 

Tanaman Hias

Bisnis tanaman hias

 

Selain sayuran dan buah, produk yang tiba – tiba naik daun di masa pandemi ini adalah tanaman hias. Khususnya tanaman yang mudah dirawat seperti sucullent dan kaktus.

Ada pula tanaman janda bolong yang terkenal karena harganya yang bisa mencapai jutaan rupiah.

Jika ingin menjadi dropshipper tanaman hias, kami sarankan memilih tanaman sucullent karena modalnya yang tidak terlalu besar serta mudah dipelajari oleh penjual awam sekalipun.

 

Demikianlah 8 peluang bisnis dropship yang paling menjanjikan di tahun 2020 ini. Ayo manfaatkan masa – masa di rumah ini untuk menciptakan bisnis sampingan baru!

Tinggalkan komentar