Pentingnya Memahami HAKI di Era Digital yang Semakin Canggih

  • 2 min read
  • Des 16, 2021
pentingnya memahami HAKI

Sudah ada banyak orang yang mengatakan bahwa sangat penting untuk memahami Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) di era digital yang semakin canggih seperti sekarang ini.

Hanya saja, pembahasan terkait hal ini masih sering diabaikan oleh sebagian besar orang, khususnya masyarakat Indonesia.

Untuk memulai pemahaman pada Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu apa pengertian dari istilah ini.

Ketika Anda sudah memahami pengertiannya secara jelas, Anda akan lebih mudah untuk memahami beberapa hal yang ada di dalamnya.

 

Apa Itu HAKI?

Pentingnya Memahami HAKI di Era Digital yang Semakin Canggih 1

Pengertian dari Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) adalah sebuah hak yang akan diberikan kepada para pencipta karya yang dibuat melalui hasil olah pikir manusia serta memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi.

Istilah ini juga sering disebut sebagai hak eksklusif yang diberikan kepada seorang pencipta sebuah karya, untuk menghargai kreativitas yang telah diciptakannya.

Di dalam Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), tidak hanya ada jenis-jenis yang berbeda saja, tapi juga akan ada simbol yang berkaitan dengan hal ini.

 

Pentingnya Memahami Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Beserta Simbol yang Ada di Dalamnya

Pentingnya Memahami HAKI di Era Digital yang Semakin Canggih 2

Di era digital yang semakin canggih seperti sekarang ini, bisa dibilang Hak Kekayaan Intelektual (HKI) menjadi salah satu jenis informasi yang akan sangat dibutuhkan oleh para anak-anak muda.

Sementara itu, untuk mengenali karya yang telah tercatat di dalam Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) sendiri, sekarang bisa Anda lakukan hanya dengan melihat simbol yang ada di produk tersebut.

Setiap simbol ini akan memiliki arti yang berbeda, karena setiap karya akan dibedakan tergantung jenisnya.

Jadi, setelah memahami pengertian dari Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), Anda juga perlu memahami arti dari simbol yang ada di dalamnya.

Untuk membantu Anda dalam memahami arti dari simbol-simbol tersebut, disini kami akan membagikan informasinya secara lengkap, yaitu:

  • Trademark (TM), yang memiliki arti produk atau merek sedang dalam masa pengajuan kepemilikan.
  • Servicemark (SM), yang digunakan sebagai tanda untuk suara-suara tertentu, seperti suara unik di dalam film.
  • Registeredmark (RM), yang memiliki arti tanda produk sudah terdaftar secara legal atau resmi, di dalam Hak Kekayaan Intelektual (HAKI)
  • Copyright, biasanya untuk simbol ini akan berbentuk huruf C. Arti dari simbol ini adalah petunjuk kepemilikan hak cipta. Sehingga, ketika Anda ingin mempublikasikan karya yang telah jadi secara lebih luas, dalam hal ini juga perlu dicantumkan pemilik hak cipta dari karya tersebut.

 

Baca juga : cek hak kekayaan inteletual game.

 

Mengapa Pelaku Usaha Perlu Mendaftar Hak Kekayaan Intelektual (HAKI)?

Pentingnya Memahami HAKI di Era Digital yang Semakin Canggih 3

Ada beberapa alasan mengapa pelaku usaha di semua bidang wajib mendaftarkan karya ataupun produk mereka ke HAKI, baik karena alasan yang sifatnya formalitas, berjaga-jaga, hingga mempermudah jika ingin mengembangkan usaha kedepannya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah beberapa alasan kenapa Anda perlu segera mendaftarkan usaha ke HAKI.

  • Memberikan perlindungan hukum secara lebih terjamin terhadap karya atau produk perusahaan.
  • Mempermudah proses lisensi serta pengalihan usaha dari perusahaan Anda.
  • Ketika ingin memperluas pangsa pasar dapat dilakukan dengan lebih mudah.
  • Bisa didaftarkan untuk program investasi yang memiliki keuntungan cukup besar.
  • Mengantisipasi terjadinya kerugian yang disebabkan oleh pelanggaran yang dilakukan pihak lain.

 

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa memahami Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) akan sangat penting, apalagi ketika Anda memiliki karya yang wajib dilindungi oleh hukum.

Sehingga bila ada penyalahgunaan produk oleh orang lain, Anda sebagai pemilik karya bisa menuntut dan meminta hak berdasarkan aturan yang jelas.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *