Mengenal Asuransi Sebagai Proteksi Masa Depan

Pada zaman sekarang, banyak sekali resiko yang dapat hadir di depan mata. Contoh nyatanya adalah pandemi yang sudah kurang lebih 1,5 tahun menimpa negeri ini dan memberikan banyak dampak baik dari segi ekonomi maupun sosial.

Mungkin di antara kalian ada yang terkena PHK atau ‘dirumahkan’, ada juga di antara kalian/anggota keluarga kalian yang terpapar Covid-19, ada juga di antara kalian yang harus mengalami pemotongan gaji, dsbnya. Apakah kalian sudah siap ketika kalian mengalami hal tersebut? Berikut ini akan dikenalkan asuransi sebagai proteksi di masa mendatang.

 

Apa Itu Asuransi?

Mengenal Asuransi Sebagai Proteksi Masa Depan 1

Asuransi adalah bentuk perjanjian antara kedua belah pihak, yaitu Tertanggung dan Penanggung, untuk mentransfer risiko finansial yang dapat terjadi secara tak terduga dengan cara Tertanggung membayarkan sejumlah iuran, yang dikenal sebagai premi, kepada Penanggung. Tertanggung dalam hal ini adalah nasabah dan Penanggung adalah perusahaan yang menyediakan produk asuransi.

 

Apa Fungsi Asuransi?

Mengenal Asuransi Sebagai Proteksi Masa Depan 2

Asuransi berfungsi untuk membantu kita dalam menghadapi risiko tak terduga yang dapat kita temui di masa mendatang. Meskipun asuransi tidak menjamin risiko tersebut dapat hilang, tetapi asuransi dapat membantu kita dalam meminimalkan kerugian finansial yang dapat kita terima ketika resiko tersebut terjadi.

Berbeda dari investasi yang bisa memberikan kita return dan membuat kita mendapatkan uang lebih banyak, asuransi lebih berfokus pada jaminan perlindungan atas resiko yang tidak terprediksi

Oleh karena itu, asuransi merupakan cara kita untuk mempersiapkan hal yang tidak bisa kita persiapkan. Banyak sekali resiko yang kita bisa temui, mulai dari resiko kecelakaan, jatuh sakit, hingga resiko kehilangan pencari nafkah di keluarga.

Asuransi dapat mengcover itu semua. Namun, kamu perlu paham terlebih dahulu beda dari setiap jenis asuransi, karena tidak ada produk asuransi yang dapat mengcover semua resiko, berbeda jenis asuransi berbeda juga resiko yang ditanggung.

 

Apa Saja Jenis Asuransi?

Mengenal Asuransi Sebagai Proteksi Masa Depan 3

Asuransi terbagi menjadi beberapa jenis yaitu :

 

Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan adalah Asuransi yang memberikan jaminan atas resiko yang dapat terjadi pada kendaraan yang kamu miliki seperti motor dan mobil. Terdapat dua jenis asuransi kendaraan, yaitu All Risk dan TLO (Total Loss Only). Sudah banyak produk asuransi mobil di indonesia yang dapat kamu miliki. Dengan adanya asuransi jenis ini, kamu dapat meminimalisir cost yang harus kamu keluarkan ketika terjadi hal yang tak diinginkan pada kendaraan kamu.

 

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah asuransi yang memberikan perlindungan kepada Tertanggung berupa biaya medis, bedah, obat-obatan, dan sejenisnya. Dengan adanya asuransi kesehatan, kamu dapat meminimalisir biaya-biaya terkait perawatan/penanganan medis yang membengkak.

Terdapat banyak jenis asuransi kesehatan berdasarkan jenis perawatan, yakni rawat inap dan rawat jalan. Ada juga jenis yang dibagi berdasarkan penyelenggara asuransi, yakni pemerintah (BPJS Kesehatan) dan swasta.

Di Indonesia sudah banyak berbagai produk asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi dengan berbagai besar premi yang ditawarkan, mulai dari asuransi kesehatan murah hingga yang mahal.

 

Asurans Jiwa

Asuransi jiwa adalah asuransi yang memberikan perlindungan atas kerugian finansial saat hilangnya pemasukan seseorang/keluarga karena adanya kematian anggota keluarga tertanggung dan menjadi pencari nafkah utama keluarga tersebut. Beberapa jenis asuransi jiwa, yaitu asuransi jiwa berjangka, seumur hidup, unit link, dan dwiguna, yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan kamu.

 

Nah, sudahkah kamu memiliki asuransi yang sudah disebutkan sebelumnya? Dengan adanya asuransi kamu dapat lebih tenang untuk menghadapi resiko yang mungkin muncul di masa mendatang, Jangan sampai kamu melewatkan ini!

Tinggalkan komentar