Cara Memasang Ekstensi IDM di Google Chrome yang Tidak Muncul, Sangat Mudah!

Tahukah anda mengenai Internet Download Manager? IDM atau Internet Download Manager merupakan sebuah software atau perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengunduh data baik itu aplikasi, musik, video dan lainnya lalu meneruskannya kembali.

Software ini diproduksi di negara Amerika Serikat dan sangat bersahabat. Sebab, tampilannya yang sederhana membuat siapapun yang menggunakannya merasa puas. IDM sangat mengandalkan kecepatan pengunduhan data dan anda bisa mendapatkan software tersebut dalam versi berbayar.

 

Keuntungan Menggunakan Internet Download Manager

Anda sangat beruntung, apabila memiliki Internet Download Manager. Sebab, dengan software yang satu ini anda dapat mengunduh segala jenis file dan data dengan mudah dan juga cepat. IDM adalah pilihan tepat bagi anda yang sering melakukan proses download. Apa saja keunggulannya?

 

1. Download Jadi Semakin Cepat.

IDM memiliki sebuah teknologi yang memungkinkan anda bisa mengunduh 5 kali lebih cepat daripada biasanya. Selain itu, perangkat lunak yang satu ini juga bisa membuat anda memberhentikan sementara proses download kapanpun dan bisa diteruskan kembali apabila diperlukan.

 

2. Adanya Fitur Resume

Rusume merupakan fitur dari IDM yang berguna bagi anda yang sedang mendownload file dalam ukuran yang sangat besar. Anda bisa memberhentikan sementara proses download ketika Laptop atau komputer sudah mulai panas dan anda harus mematikannya. Dan anda bisa melanjutkannya kembali saat laptop/komputer tersebut sudah kembali dihidupkan.

 

3. Bebas Virus

Jika anda mendownload Internet Download Manager dari website resminya, dijamin tak ada virus sedikitpun yang menempel di sana. Selain itu, Internet Download Manager juga dapat mengidentifikasi apabila ada virus atau malware berbahaya pada file hasil download tersebut.

Baca juga :  9+ Aplikasi Download Lagu di Android, Gratis!

 

4. Bandwith

Internet Download Manager memiliki fitur yang bisa membatasi bandwith dalam proses download. Fitur seperti ini tentu saja sangat berguna bagi anda berhemat dan tidak ingin menghabiskan bandwith dalam jumlah yang sangat besar.

 

5. Terhubung dengan Browser

Download menggunakan software IDM semakin mudah karena terhubung dengan browser yang anda gunakan. Anda bisa memasang software yang satu ini di semua mesin telusur seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Expoler dan banyak lagi.

Nah biasanya ketika anda selesai melakukan instalasi IDM di komputer akan muncul ekstensi di browser, dan meminta izin untuk menghidupkannya. Inilah yang disebut sebagai eksistensi IDM, yang salah satunya terpasang pada browser Google Chrome pada komputer anda.

 

Baca juga : aplikasi edit video tanpa watermark

 

Cara Memasang Ekstensi IDM Google Chrome

Namun terkadang, pemasangan eksistensi ini tidak berhasil dilakukan karena sesuatu hal. Apabila anda mengalami masalah dalam proses pemasangan ekstensi internet download manager, ikutilah langkah-langkah berikut ini

  • Pertama buka terlebih dahulu browser Google Chrome anda. Jika sudah terbuka, silakan ketikan chrome:extensions dikolom URL untuk membuka pengaturan ektensi di browser tersebut. Lihat gambar dibawah.

Cara pasang eksistensi IDM di chrome

  • Setelah terbuka seperti gambar diatas, cari apakah extensi IDM sudah ada atau belum. Jika ada, anda tinggal klik untuk mengaktifkannya. Namun jika belum ada, silakan menuju ke proses selanjutnya.
  • Tahapan berikutnya cara memasang eksistensi IDM di google chrome, silakan buka lokasi instalasi IDM anda yang biasanya terletak di C:\Progam Files(x86)\Internet Download Manager.
  • Langkah selanjutnya, cari file dengan nama IDMGCExt.crx, laludrag file tersebut kelaman pengaturan ekstensi di Google Chrome. Supaya lebih jelas, anda bisa melihat pada gambar di bawah ini.
Baca juga :  5+ Contoh Pekerjaan Freelance yang Menjanjikan

Cara Memasang Ekstensi IDM di Google Chrome yang Tidak Muncul, Sangat Mudah! 1

  • Selanjutnya akan muncul notifikasi berupa konfirmasi, klik tombol Add Extension. Tunggu prosesnya hingga selesai dan jangan lupa untuk mengklik enable pada ekstensi IDM supaya bisa aktif.

 

Baca juga : cara mengaktifkan mode gelap di chrome.

 

Insyaallah, jika anda mengikuti instruksi tersebut dengan benar maka eksistensi tersebut akan bisa terpasang pada browser anda. Namun jika memang pada akhirnya gagal, berarti anda harus memperbarui terlebih dahulu IDM yang telah dibeli ke versi terbaru.

Biasakan menggunakan software resmi, bukan abal-abal atau crack.  Jika memang anda belum mampu membelinya, masih ada fitur trial yang membuat pengguna bisa menggunakan software ini secara gratis selama 30 hari.

 

Bagaimana Jika Masih Gagal?

Bagaimana jika saya sudah menggunakan software Internet Download Manager versi terbaru dan bukan software crack namun pemasangan masih saja terus gagal? Tak perlu khawatir, masih ada solusi terkait hal itu. Lakukan langkah-langkah berikut ini :

  • Jika muncul tulisan Apps, extensions, and user scripts cannot be added from this website kalian klik OK saja.
  • Dan langkah selanjutnya, dipojok kanan atas ada tulisan Developer mode lalu  klik saja untuk mengaktifkan dan akan muncul beberapa menu di sebelah kiri lurus dengan Developer mode.
  • Silakan klik update sekali dan nanti akan muncul notifikasi kecil Update sukses.

Cara Memasang Ekstensi IDM di Google Chrome yang Tidak Muncul, Sangat Mudah! 2

  • Proses selanjutnya tutup terlebih dahulu browser Google chrome anda lalu silakan buka kembali setelah beberapa saat. Sstelah itu masukan ekstension IDM seperti langkah diatas tadi.
  • Nanti anda akan melihat sendiri hasilnya dan ekstensi akan langsung terpasang. Lihat gambar dibawah untuk detailnya.

Cara Memasang Ekstensi IDM di Google Chrome yang Tidak Muncul, Sangat Mudah! 3

 

Baca juga : cara mengatasi kartu ATM tertelan

 

Bagaimana sangat mudah bukan? Itulah cara memasang eksistensi IDM di google chrome yang tidak bisa terpasang. Yang paling penting, pastikan anda gunakan software resmi guna meminimalisir kegagalan dalam proses pemasangan eksistensi. Jika masih gagal, anda bisa mengikuti panduan tersebut untuk menemukan solusinya. Sekian, dan selamat mencoba!

Tinggalkan komentar