Cara Mengaktifkan Dark Mode Whatsapp, Mudah Sekali!

Belum lama ini, aplikasi pesan whatsapp telah mengeluarkan fitur terbarunya yang sudah sejak lama ditunggu-tunggu para penggunanya. Adapun fitur tersebut bernama dark mode atau mode gelap.

Dark mode sudah bisa diaktifkan pada aplikasi whatsapp versi terbaru. Baik itu whatsapp messenger maupun whatsapp business. Fitur yang satu ini bisa digunakan pada android maupun IOS.

 

Manfaat Fitur Mode Gelap pada WhatsApp

Harus diakui, fitur dark mode ini memang sedang tren pada zaman sekarang. Berbagai aplikasi dan juga sistem operasi smartphone, iPhone, laptop maupun komputer berlomba-lomba mengadopsi fitur dark mode pada platformnya.

Selain itu, fitur dark mode whatsapp juga punya beberapa manfaat apabila anda mengaktifkannya. Adapun berbagai benefit tersebut antara lain yaitu :

 

Baik untuk Kesehatan Mata

Dengan adanya dark mode, membuat anda terhindar dari penyakit mata. Hal ini disebabkan karena fitur yang satu ini tidak mengandung sinar atau cahaya biru yang notabene bisa menyebabkan gangguan penglihatan apabila anda terus menerus menatapnya.

Mata pun jadi kering dan mudah lelah. Oleh karena itu, mode gelap hadir sebagai solusi untuk meredam cahaya yang masuk ke mata dengan warna yang lebih gelap.

 

Lebih Hemat Baterai

Hadirnya fitur dark mode diklaim mampu membuat baterai bisa lebih dihemat. Google sendiri telah mengkonfirmasi bahwasanya mode gelap pada layar OLED membantu daya tahan baterai. Pada kecerahan layar 100%, antarmuka gelap mampu menghemat 60% energi layar.

 

Tampilan Lebih Elegan

Adanya dark mode membuat tampilan layar ponsel anda menjadi jauh lebih elegan. Background hitam memberikan kesan kokoh dan juga sempurna. Namun meski begitu, beberapa orang juga mengkritik karena fitur ini membuat teks yang ditampilkan terlalu putih.

 

Baca juga : manfaat gadget 

 

Cara Mengaktifkan Dark Mode Whatsapp

Sebagaimana yang sudah saya singgung sebelumnya, fitur terbaru dari Whatsapp ini sudah hadir dalam aplikasi whatsapp business maupun whatsapp messenger. Dan pada kesempatan ini, saya akan membagikan tutorial bagaimana mengaktifkan mode gelap baik pada aplikasi WA business maupun WA messenger. Bagaimana caranya?

 

Cara Mengaktifkan Dark Mode Whatsapp Business

Supaya bisa menggunakan fitur dark mode pada aplikasi whatsapp business, pastikan terlebih dahulu memperbarui aplikasinya ke versi 2.20.28 atau yang paling terbaru. Apabila anda pengguna Android 10, dark mode diaktifkan secara otomatis ketika menyalakannya di setelan sistem.

  • Jika sudah melakukan pembaharuan, silakan buka aplikasi whatsapp business anda.
  • Selanjutnya, klik tanda titik tiga yang berada di pojok kanan atas sebelah kanan icon search. Lalu klik setelan.
  • Pilih menu “chat” yang berada di bawah menu akun dan berada di atas menu “notifikasi”.

Cara Mengaktifkan Dark Mode Whatsapp, Mudah Sekali! 1

  • Pada bagian tampilan pilih tema dan untuk mengaktifkan dark mode silakan pilih “gelap”.

Cara Mengaktifkan Dark Mode Whatsapp, Mudah Sekali! 2

  • Kini aplikasi WhatsApp business anda sudah memiliki tampilan dengan mode gelap seperti tampak pada gambar di bawah ini
Cara Mengaktifkan Dark Mode Whatsapp, Mudah Sekali! 3
sumber gambar : dok. pribadi

 

Baca juga : cara membuat stiker di whatsapp

 

Cara Mengaktifkan Dark Mode Whatsapp Messenger

Cara mengaktifkan mode gelap pada aplikasi whatsapp messenger sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda seperti pada whatsapp business. Syaratnya, anda harus menggunakan versi 2.20.64 atau yang lebih baru. Pada android 10, dark mode dapat aktif secara otomatis jika anda mengaktifkannya di pengaturan sistem. Berikut ini langkah-langkahnya :

Pastikan anda meng-install aplikasi versi terbaru. Jika anda masih menggunakan versi lama, silakan perbarui terlebih dahulu.

  • Buka aplikasi whatsapp messenger.
  • Pilih ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas lalu klik “setelan/settings”.
  • Langkah berikutnya, pilih menu “tema/themes” pada bagian chats.
  • Selanjutnya silakan pilih “gelap/dark” jika anda ingin mengaktifkannya.

 

Baca juga : cara menggunakan sidik jari whatsapp

Cara Mengaktifkan Dark Mode Whatsapp di IOS

Selain pada android, mode gelap juga bisa diaktifkan pada iPhone. Namun tidak semua pengguna iPhone mendapatkan fitur ini. Hanya pengguna IOS 13 ke atas yang bisa menikmatinya. Selain itu, aplikasi whatsapp yang digunakan harus versi terbaru.

Berikut langkah-langkahnya : update aplikasi > pilih settings > display brightness > dark.

 

Tutorial lainnya : cara membuat katalog di whatsapp business

 

Tidak sulit bukan? Demikian tutorial mengenai pengaktifan mode gelap pada aplikasi WhatsApp. Selain pada WhatsApp, dark mode juga terlebih dahulu ada pada beberapa aplikasi/sosial media/browser lainnya seperti twitter dan google chrome. Sekian informasi yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan komentar