Cara Menggunakan Fitur Pesan Sementara Whatsapp, Mudah Sekali!

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi instan messaging yang sangat populer di dunia. Total, sudah lebih dari 2,5 miliar orang dari seluruh dunia menggunakan aplikasi yang satu ini.

Awalnya, whatsapp masih memiliki tampilan dan fitur yang sangat terbatas. Namun lambat laun, fitur-fiturnya semakin beragam dan banyak yang baru, salah satunya adalah pesan sementara. Fitur ini sudah tersedia untuk berbagai perangkat baik itu android, iPhone, kaios, maupun desktop.

 

 

Tentang Fitur Pesan Sementara Whatsapp

Pesan sementara whatsapp

Apa itu pesan sementara di whatsapp? Salah satu fitur terbaru whatsapp ini merupakan fitur yang bisa membuat pesan yang baru saja dikirimkan hilang secara otomatis setelah waktu 7 hari.

Fitur ini bisa diaktifkan pada chat pribadi maupun chat grup. Hanya saja, untuk chat grup hanya admin saja yang bisa mengaktifkannya.

Fitur pesan hilang otomatis ini sangat bermanfaat untuk menghapus pesan tidak penting secara cepat. Jadi, kamu gak perlu lagi menghapusnya satu per satu.

Lalu bagaimana dengan media (gambar, audio, video, dsb)? Apakah juga ikut terhapus? Semua itu tergantung bagaimana kamu mengatur fitur unduh otomatis. Apabila fitur tersebut diaktifkan, maka pesan yang dikirimkan secara otomatis bakal hilang.

 

Kondisi Pada Pesan Sementara Whatsapp

Apabila Anda mengaktifkan fitur pesan sementara, aplikasi whatsapp bakal mengalami beberapa kondisi seperti berikut ini :

  • Jika Anda tidak membuka pesan baru tersebut selama 7 hari, maka chat tersebut akan hilang. Sementara itu, pratinjau pesan whatsapp yang ada di bar notifikasi terus ditampilkan sampai pesan itu dibuka (dengan catatan kurang dari 7 hari).
  • Dalam pesan sementara, pesan yang dikutip mungkin saja tetap ada setelah 7 hari.
  • Apabila pesan sementara diteruskan ke chat yang tidak mengaktifkan fitur yang sama, maka pesan takkan hilang pada chat yang diteruskan.
  • Apabila lawan chat belum mengupdate whatapp ke versi terbaru, kemungkinan besar pesan sementara tidak akan bisa diterima.
  • Apabila Anda membuat cadangan chat sebelum pesan hilang, maka pesan sementara juga diikutsertakan pada cadangan tersebut. Dan ketika dipulihkan, pesan sementara tersebut tidak akan kembali lagi.

 

Cara Mengaktifkan Fitur Pesan Sementara Whatsapp

Cara Menggunakan Fitur Pesan Sementara Whatsapp, Mudah Sekali! 1

Mengaktifkan fitur satu ini sangatlah mudah. Sesuai penjelasan saya tadi, Anda bisa mengaktifkannya baik di android, iphone, maupun komputer. Secara garis besar, tata caranya tidak terlalu jauh berbeda yaitu sebagai berikut :

  • Pertama, silakan buka aplikasi whatsapp Anda dan pastikan telah menggunakan aplikasi versi terbaru. Jika belum, silakan perbarui terlebih dahulu melalui google play store.
  • Pilih salah satu cara yang ingin diaktifkan fitur pesan sementaranya
  • Selanjutnya, buka nama kontak whatsapp tersebut.
  • Terakhir, pada bagian ‘pesan sementara’ pilih ‘nyala’.

 

Baca juga : cara download status whatsapp.

 

Cara Menonaktifkan Fitur Pesan Sementara Whatsapp

Cara Menggunakan Fitur Pesan Sementara Whatsapp, Mudah Sekali! 2

Sedangkan untuk menonaktifkannya bisa dilakukan oleh siapa saja, baik itu Anda maupun lawan chat Anda. Berikut ini cara menonaktifkan

  • Buka aplikasi whatsapp
  • Buka chat yang sudah diaktifkan fitur chat sementaranya.
  • Buka nama kontak tersebut.
  • Pada bagian ‘pesan sementara’, silakan pilih ‘mati’.

 

Baca juga : cara menonaktifkan pemberitahuan grup whatsapp.

 

Cara Menggunakan Fitur Pesan Sementara di Grup Whatsapp

Cara Menggunakan Fitur Pesan Sementara Whatsapp, Mudah Sekali! 3

Sedangkan untuk penggunaan pesan sementara pada grup, ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Setelah membuka aplikasi WhatsApp, silakan pilih salah satu grup yang ingin diaktifkan/dinonaktifkan.
  • Buka profil grup
  • Pilih ‘pesan sementara’.
  • Jika ingin diaktifkan, silakan pilih ‘nyala’ dan jika dinonaktifkan silakan pilih ‘mati’.

 

Baca juga : cara membuat stiker whatsapp.

 

Bagaimana, sangat mudah bukan? Itulah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan jika ingin mengaktifkan maupun nonaktifkan fitur chat sementara yang ada pada aplikasi whatsapp. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan komentar