Mengenal 3 Fungsi Trademark Indonesia

  • 2 min read
  • Des 07, 2021
Fungsi trademark

Apakah kalian tau apa itu trademark? Jika belum, maka artikel ini akan sangat membantu kalian dalam memahami pengertian dan fungsi dari trademark. Untuk lebih lanjutnya simak hal berikut ini dengan cermat ya!

 

Pengertian Trademark

pengertian trademark

Secara sederhana, trademark merupakan suatu merk dagang yang mana diresmikan di negara Indonesia baik itu dari sisi sistem operasional dan sistem keberadaan usaha atau dagang.

Bukan hal yang mengherankan lagi jika ada banyak sekali merk yang investor dominannya berasal dari orang asing sebagai pemegang saham dominan yang mana merknya didaftarkan di Indonesia atau menggunakan merek dagang Indonesia.

Pasti kalian bertanya – tanya, apakah itu bisa dikatakan sah? Tentu saja sah karena hal tersebut sudah diatur di dalam Undang – Undang yang mana mengatur mengenai orang asing yang bebas mempunyai usaha di negara Indonesia dengan catatan bahwa merk itu sudah terdaftar secara resmi.

Nantinya yang akan menjadi pemilik juga asli orang Indonesia sehingga sistem perizinan dan perpajakan akan masuk ke dalam kas negara untuk pendapatan tetap dari negara sektor pajak.

 

Fungsi Trademark

Mengenal 3 Fungsi Trademark Indonesia 1

Ada banyak fungsi trademark bagi para pencipta atau para produsen, yaitu sebagai perlindungan trademark, sebagai payung hukum yang sifatnya resmi dan sah, serta sebagai branding produk. Untuk mengetahuinya secara mendalam, maka simaklah penjelasan pada bab berikut ini.

 

Melindungi Merk

Fungsi pertama yang akan dijelaskan pada bab ini adalah melindungi merk.

Hal ini sudah diatur di dalam Undang-Undang Tahun 2001 tentang pengesahan merk dagang yang intinya yaitu negara akan memberikan suatu perlindungan merk dagang lokal yang berisi nama merk dagang, logo, gambar, dan masih banyak yang lainnya.

Apabila produk kalian sudah terdaftar secara sah dan ada penjiplakan produk jasa atau barang oleh orang lain maka kalian sebagai pemilik merek yang sah bisa mengajukan somasi.

 

Payung Hukum yang Sifatnya Sah

Fungsi kedua yang akan dijelaskan pada bab ini adalah sebagai payung hukum yang sifatnya sah.

Kalian sebagai pemilik utama memiliki kendali penuh atas merk dagang secara mandiri. Apabila terjadi duplikasi merk atas produk atau jasa, kalian bisa melakukan banding di pengadilan.

Akan tetapi di sini kalian bisa menang atau kalah dalam persidangan. Kalian bisa saja mengalami kekalahan walaupun kalian memiliki status sebagai pemilik utama.

Oleh karena itu kalian harus benar – benar mendaftarkannya ke badan yang resmi di pemerintahan dan memastikan untuk mengikuti alur pendaftarannya secara benar.

Hal ini sudah umum dan biasa terjadi di kalangan merk dagang artis terkenal, dan pastinya kalian sedikit banyak sudah mengetahui mengenai hal ini.

 

Sebagai Branding

Tidak dipungkiri bahwa salah satu fungsi merk dagang yang lainnya adalah sebagai branding atau alat marketing yang sangat kuat. Coba kalian bayangkan jika kalian tidak memiliki merk dagang atau tidak mendaftarkannya ke badang Kekayaan Intelektual Negara maka kalian akan menghabiskan banyak sekali biaya.

Tidak hanya sampai itu saja, bisa saja tiba – tiba kemungkinan paling buruknya bisa terjadi yang mana produk kalian diklaim oleh orang lain. Tentunya kalian akan marah dan merasa sia – sia bukan? Oleh karena itu sangat penting untuk mendaftarkan merk dagang kalian ke pemerintah.

 

Semoga artikel mengenai trademark Indonesia ini dapat membantu dalam menambah pemahaman mengenai pengertian dan fungsi trademark.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.