5+ Aplikasi Baca Novel Gratis dan Terbaik 2020

Bagi kamu yang gemar membaca novel, mungkin saat ini merasa kesulitan mendapatkan buku-buku baru, karena harga di toko buku yang tak pas lagi di kantong. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini, yang mana kondisi keuangan pun juga tidak stabil.

Beli buku bajakan pun tentu tidak mungkin. Apalagi saat ini perekonomian sedang surut membuat banyak usaha yang turun omset bahkan harus gulung tikar.

Jadi, bagaimana solusinya?

Kamu bisa memanfaatkan ponsel cerdasmu untuk membaca berbagai novel favorit kapan pun dan dimana pun. Bahkan, tanpa harus keluar rumah sehingga cocok diterapkan pada masa PSBB seperti saat ini.

 

Aplikasi Baca Novel Gratis dan Terbaik

Ada beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membaca novel secara gratis tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun. Selain membacanya di Android, kamu pun juga bisa membaca novel tersebut di perangkat lainnya semisal iPhone.

Yuk, langsung saja simak berikut ini aplikasi baca novel gratis yang wajib kamu coba :

 

Noveltoon

Aplikasi noveltoon

Noveltoon merupakan salah satu aplikasi novel terbaik yang isinya membuat kamu semakin baper. Terdiri dari berbagai macam genre mulai dari romantis, aksi, fantasi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ada lebih dari 400 ribu cerita tersedia di noveltoon. Tak hanya bisa membaca saja, kamu pun bisa menulis novel melalui aplikasi yang satu ini.

Tak cukup sampai di situ, kamu pun juga dapat mendownload ceritanya dan membaca secara offline di lain kesempatan. Membaca offline tidak menggunakan kuota internet seperti ketika kamu membaca cerita tersebut tanpa mendownloadnya terlebih dahulu.

Aplikasi noveltoon berukuran 18 MB dan telah diunduh lebih dari 5 juta kali via google play store. Mendapatkan rating 4,4 dari total 38 ribu ulasan.

 

Baca juga : aplikasi baca berita terbaik.

 

Innovel

Aplikasi innovel

Tak kalah dengan noveltoon, innovel juga merupakan aplikasi novel daring terbaik yang wajib untuk kamu coba. Aplikasi ini dikembangkan oleh Dreame Media dan menyajikan cerita tentang romansa.

Kamu bisa berkomunikasi dengan 5 juta pengguna novel lainnya melalui aplikasi yang satu ini. Hadir dengan tampilan menarik dan mudah digunakan oleh siapapun.

Aplikasi innovel telah didownload lebih dari 1 juta kali melalui google play store. Dengan 123 ribu lebih ulasan, aplikasi ini mendapatkan rating yang cukup tinggi yaitu 4,5.

 

iReader

aplikasi iReader

Melalui aplikasi iReader, kamu bisa membaca novel secara online langsung dari ponsel cerdas yang kamu miliki. Tersedia lebih dari 1000 novel yang bisa kamu baca yang terdiri atas berbagai genre.

Tak cuma novel saja, kamu juga bisa membaca berbagai komik yang tentunya sangat menarik jalan ceritanya. Membaca tidak hanya secara online, tetapi juga secara offline dengan cara mendownload ceritanya terlebih dahulu.

Salah satu yang menarik adalah iReader memiliki suatu fitur yang bernama eye protection mode. Adanya fitur ini membuatmu tak perlu khawatir mengalami mata lelah karena membaca.

Aplikasi ini memiliki pengguna lebih dari 1 juta. Dengan 87 ribu ulasan, aplikasi iReader memiliki rating yang cukup tinggi yaitu mencapai 4,7.

 

Baca juga : aplikasi membaca terbaik untuk anak.

 

Wattpad

Aplikasi wattpad

Wattpad merupakan salah satu aplikasi baca novel yang sudah sangat populer di kalangan penulis pemula hingga penulis profesional. Di wattpad kamu bisa membaca banyak sekali cerita, tak cuma novel saja tetapi juga cerpen, cerbung, puisi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tak hanya bisa membaca saja, kamu berkesempatan untuk membuat cerita sendiri dan dibaca pengguna wattpad lainnya. Jadi, sangat cocok bagi kamu yang ingin menyalurkan hobi menulis.

Dibandingkan dengan aplikasi sebelumnya, pengguna wattpad sudah sangat banyak bahkan mencapai lebih dari 100 juta pengguna. Wattpad menjadi salah satu aplikasi pilihan editor di google play store.

 

Amazon Kindle

Aplikasi Amazon Kindle

Amazon kindle merupakan aplikasi membaca buku yang dikembangkan oleh perusahaan asal Amerika Serikat. Ada banyak jenis buku yang bisa kamu baca, termasuk salah satunya adalah novel.

Total lebih dari 1000 buku yang bisa kamu baca. Tersedia dalam dua versi, yaitu versi gratis dan versi berbayar dengan tarif hanya $ 9,99 per bulannya.

Aplikasi Amazon Kindle juga bisa terhubung ke perpustakaan terdekat di kota kalian. Jadi, untuk peminjaman bisa dilakukan secara daring.

Sama seperti aplikasi wattpad, Amazon Kindle juga memiliki banyak pengguna dengan jumlah unduhan lebih dari 100 juta.

 

Baca juga : aplikasi radio daring terbaik.

 

Ipusnas

Aplikasi ipusnas

Aplikasi ini dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional yang merupakan perpustakaan di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Di aplikasi ipusnas, kamu bisa membaca berbagai macam buku termasuk salah satunya adalah novel.

Membaca novel bisa dilakukan secara daring maupun luring. Tak sekadar itu saja, kamu juga dapat terhubung dengan pengguna lainnya dan saling berinteraksi. Sangat menarik bukan?

 

Joylada

aplikasi Joylada

Jika kamu mencari aplikasi baca novel gratis yang juga ingin saling berkirim chat dengan pengguna lainnya, maka Joylada adalah pilihan yang tepat. Meski tergolong baru, namun aplikasi ini telah didownload lebih dari 5 juta pengguna.

Aplikasi Joylada memberikanmu pengalaman yang berbeda. Tak cuma bisa membaca novel saja, kamu juga bisa menghasilkan uang dari aplikasi ini dengan menjadi penulis. Luar biasa menarik bukan?

 

Baca juga : aplikasi belajar bahasa Korea terbaik.

 

Hinovel

Aplikasi hinovel

Hinovel merupakan salah satu aplikasi novel romantis yang jangan sampai kamu lewatkan. Ukurannya sangat ringan hanya 7,1 MB sehingga tidak terlalu memakan banyak ruang di ponsel cerdas kamu.

Sebenarnya tak hanya tersedia novel romansa saja, tetapi juga ada novel fantasi, werewolf, vampire, misteri, dan masih banyak lagi yang lainnya. Setiap harinya novel selalu diperbarui, sehingga kamu tidak akan pernah tertinggal berbagai novel terbaru

Hinovel menyediakan pengalaman membaca terbaik untuk penggunaannya. Ada mode gelap (dark mode), mode merawat mata, dan berbagai mode lainnya yang membuatmu bisa membaca novel tanpa harus khawatir mengalami mata lelah.

Ingin menulis novel? Tulis saja pada platform ini. Setelah menulis, kamu bisa membagikan cerita kamu kepada siapapun dan berpotensi mendapatkan ribuan pembaca.

Sampai saat ini, hinovel telah didownload lebih dari 1 juta pengguna melalui google play store. Mendapatkan rating 4,3 dari total ulasan sebanyak lebih dari 30 ribu ulasan.

 

Itulah beberapa aplikasi baca novel gratis dan terbaik yang bisa kamu gunakan. Beberapa aplikasi di atas juga tersedia dalam fitur premium yang dapat kamu beli jika ingin mendapatkan fitur yang lebih banyak. Sekian dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar