8+ Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik 2021

Selain bahasa Inggris, bahasa Jepang juga sangat menarik untuk dipelajari. Apalagi negeri samurai ini dapat dikatakan sebagai salah satu negara tujuan favorit bagi orang-orang Indonesia

Tentu, akan lebih baik kalau Anda harus bisa berbahasa Jepang dulu sebelum memutuskan untuk pergi ke sana. Dengan menguasai bahasa Jepang, dapat memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang ada di sana.

Ada beragam cara yang bisa Anda lakukan supaya cepat jago berbahasa Jepang. Dengan kemudahan dan kecanggihan teknologi membuat belajar bahasa Jepang nggak harus mengikuti kursus secara offline.

Apalagi saat ini kita masih berada di masa pandemi Covid 19. Kursus secara tatap muka tentu saja dapat meningkatkan resiko penularan dan penyebaran virus corona, jadi kamu perlu belajar dengan cara yang berbeda.

 

Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik

Salah satunya adalah belajar melalui aplikasi. Iya kamu nggak salah, belajar lewat aplikasi bukan kerja di aplikasi seperti yang ditawarkan di grup-grup facebook itu.

Belajar bahasa Jepang melalui aplikasi sama sekali tidak membutuhkan uang pendaftaran. Yang paling penting, kamu punya hp android, kuota internet, dan koneksi internet yang sangat lancar.

Langsung saja, berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi belajar bahasa Jepang gratis yang dapat kamu gunakan di rumah :

 

SakuJapan

8+ Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik 2021 1

SakuJapan merupakan aplikasi hasil pengembangan dari yongkru yang dapat membantu kamu meningkatkan kemampuan berbahasa Jepang. Aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh siapa saja, termasuk orang awam sekalipun.

Selain ada materi, pada aplikasi ini juga terdapat banyak permainan yang dapat mengasah kemampuan kamu menghafal dan memahami kosakata bahasa Jepang. Jadi, tidak membuat bosan sama sekali.

 

Baca juga : aplikasi belajar bahasa Korea.

 

Belajar Bahasa Jepang : Bicara, Membaca

8+ Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik 2021 2

Aplikasi selanjutnya yang dapat kamu manfaatkan untuk mempelajari bahasa Jepang adalah aplikasi dari Luvlingua. Aplikasi ini wajib kamu coba karena telah digunakan lebih dari 500 ribu pengguna serta memiliki rating yang cukup tinggi yaitu 4,7.

Melalui aplikasi Luvlingua, kamu bisa belajar bahasa Jepang dengan beragam metode. Termasuk salah satunya belajar melalui permainan yang sangat asyik dan menarik.

Dan yang menguntungkannya lagi, kamu tidak perlu menghidupkan data untuk bisa belajar bahasa Jepang melalui aplikasi satu ini. Kamu jadi lebih hemat pengeluaran membeli paket internet.

 

Baca : aplikasi belajar bahasa Mandarin.

 

Drops

8+ Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik 2021 3

Aplikasi belajar bahasa Jepang selanjutnya adalah Drops. Sebenarnya tidak hanya bisa belajar bahasa Jepang saja, tetapi juga huruf Kanji dan Hiragana, serta 20 bahasa lainnya di seluruh dunia.

Belajar dengan aplikasi Drops membuat kamu bisa menguasai beragam kata dan kalimat praktis yang umum digunakan ketika berkomunikasi dengan orang-orang Jepang.

Ada juga permainan yang membuat kamu dapat bahasa baru ketika memainkan permainan tersebut. Kalau kamu ingin belajar berbagai bahasa yang ada di dunia termasuk Jepang secara menyenangkan, maka aplikasi Drops wajib untuk kamu coba.

 

Baca juga : aplikasi belajar bahasa Jawa.

 

Busuu

8+ Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik 2021 4

Busuu merupakan aplikasi belajar bahasa asing, termasuk bahasa Jepang yang sudah cukup populer sejak tahun 2012. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna dan mendapatkan banyak penghargaan seperti aplikasi bahasa terbaik 2020 dari DtGV, aplikasi pilihan editor di google play store, finalis Edtech Global Awards 2019, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Banyak fitur yang tersedia pada aplikasi ini seperti berbicara langsung dengan penutur asli, rencana belajar, kosakata, tata bahasa, dan masih banyak lagi. Ujian menggunakan aplikasi ini membuat kamu bisa mendapatkan sertifikat resmi untuk membantu kamu melamar kerja.

Jangan khawatir kalau paket internet kamu tiba-tiba habis. Sebab, aplikasi Busuu bisa dioperasikan secara luring tanpa harus terhubung dengan internet.

 

Learn Japanese Offline

8+ Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik 2021 5

Salah satu rekomendasi aplikasi belajar bahasa Jepang offline yang dapat kamu gunakan adalah Learn Japanese Offline dari ufostudio. Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 1 juta pengguna dari google play store.

Di dalam aplikasi lebih dari 1000 frasa, kalimat, dan kata yang bisa membantumu belajar bahasa Jepang dengan lebih mudah. Tak hanya itu saja, ada juga beragam kosa kata yang umum digunakan dalam percakapan sehari-hari dengan orang Jepang.

Aplikasi ini benar-benar offline. Artinya kamu tidak perlu lagi menghidupkan data internet supaya bisa menggunakannya.

 

Mazii

8+ Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik 2021 6

Mazii merupakan aplikasi kamus bahasa Jepang yang juga bisa dijadikan bahan pembelajaran bagi kamu yang ingin menguasai bahasa dari Asia Timur ini. Dengan menggunakannya, kamu dapat menerjemahkan kata dari Jepang ke Indonesia dan sebaliknya.

Tak hanya itu saja, melalui aplikasi ini kamu juga bisa berlatih menulis huruf kanji dan mengikuti kuis menarik untuk mengukur kemampuan kamu dalam menguasai bahasa Jepang. Tak cukup sampai di situ, ada juga tes JLPT online yang dilengkapi dengan jawaban dan penjelasan lebih lengkap.

Masih belum puas? Masih ada versi pro. Dengan aplikasi premium, akan hilang iklan di aplikasi yang mungkin saja mengganggu menurut kamu. Selain itu ada fitur pembelajaran via video. Sangat menarik bukan?

 

Bunpo

8+ Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik 2021 7

Belajar bahasa Jepang tanpa koneksi internet juga bisa kamu lakukan dari aplikasi Bunpo. Berbeda dengan aplikasi lainnya, aplikasi ini berukuran sangat ringan yaitu hanya 8,9 MB saja.

Aplikasi ini menawarkan lebih dari 1700 contoh kalimat dan 8000 pertanyaan seputar tata bahasa Jepang. Salah satu fitur utama yang ada pada aplikasi Bunpo adalah belajar abjad Jepang Hiragana dan Katakana

Tak hanya itu, masih ada fitur-fitur menarik lainnya seperti belajar tata bahasa Jepang, belajar kanji, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sama seperti Mazii, Bunpo juga terdapat versi premiumnya.

 

Belajar Bahasa Jepang By Simya

8+ Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik 2021 8

Aplikasi belajar bahasa Jepang gratis dan terbaik selanjutnya adalah aplikasi buatan Simya Solution. Aplikasi yang sangat cocok untuk kamu agar lancar berkomunikasi saat melancong ke negeri Samurai.

Ada lebih dari 1000 ungkapan bahasa Jepang yang dapat kamu pelajari. Kamu bisa menyimpan ungkapan-ungkapan tersebut sehingga apabila suatu saat lupa, kamu bisa membuka dan mempelajarinya kembali.

Tak sekedar itu saja, guna mengukur kemampuan setelah mempelajarinya, kamu bisa mengikuti kuis dan langsung melihat skornya saat itu juga. Track kemajuan belajar kamu bisa dipantau melalui aplikasi yang satu ini.

 

FluentU

8+ Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik 2021 9

Cara belajar bahasa Jepang dengan FluentU sedikit berbeda dengan aplikasi lainnya. Kamu tidak belajar via teks, tetapi belajar via video sehingga lebih menyenangkan dan juga tidak membosankan sama sekali.

Melalui FluentU kamu akan belajar bahasa Jepang dan berbagai bahasa lainnya melalui video musik, trailer film, serta ceramah-ceramah inspiratif. Harus diakui memang, belajar secara listening memang lebih efektif dibandingkan belajar secara reading atau membaca.

Selain itu, pada aplikasi ini juga dilengkapi dengan informasi seputar kebudayaan yang ada di negeri Jepang. Sungguh menarik bukan?

 

Jadi itulah dia beberapa rekomendasi aplikasi belajar bahasa Jepang terbaik untuk kamu gunakan. Silakan pilih yang paling cocok untuk kamu dan kalau punya rekomendasi lainnya, jangan ragu untuk berkomentar di kolom komentar ya.

Tinggalkan komentar