Cara Setor Tunai di ATM BRI Terbaru 2021, Sangat Mudah!

  • 5 min read
  • Des 01, 2021
cara setor tunai di ATM BRI

Jadi, Anda punya uang cash Rp1.000.000 (misalnya).

Lalu ingin ditaruh di rekening, maka apa yang harus dilakukan? Tentu saja jawabannya adalah setor tunai.

Setor tunai berarti menyetorkan uang yang kita miliki secara tunai ke rekening bank yang kita miliki atau bisa juga ke rekening orang lain.

Atau bisa disebut juga menabung. Sebab kita, menaruh atau menyimpam uang di rekening yang kita miliki.

Hampir semua bank, baik itu BUMN maupun swasta sudah memiliki layanan setor tunai tak terkecuali itu Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Khusus untuk BRI, ada dua cara melakukan setor tunai yaitu melalui mesin ATM atau melalui teller. Namun, pada artikel ini saya akan membahas setor tunai via ATM karena lebih mudah dan juga cepat berdasarkan pengalaman pribadi yang pernah saya rasakan.

 

Syarat Setor Tunai di ATM BRI

Cara Setor Tunai di ATM BRI Terbaru 2021, Sangat Mudah! 1

Sebelum saya menjelaskan bagaimana caranya, terlebih dahulu Anda harus mengetahui persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum melakukan penyetoran di ATM BRI. Apa sajakah itu?

 

Wajib Memakai Uang Pecahan Rp100.000 atau Rp50.000

Cara Setor Tunai di ATM BRI Terbaru 2021, Sangat Mudah! 2

Yang pertama, pastikan uang yang Anda setorkan nominalnya adalah Rp100.000 atau Rp50.000. Tidak bisa nominal 2 ribu, 5 ribu, 10 ribu, atau 20 ribu.

Apakah uang Rp50.000 dan Rp1000.000 boleh dicampur? Jujur, saya belum mencobanya silakan Anda coba saja untuk membuktikannya.

Seandainya ada pertanyaan setor tunai BRI minimal berapa? Jawabannya adalah Rp50.000 atau Rp100.000.

Ini untuk Bank Rakyat Indonesia, sedangkan untuk bank-bank lain ketentuannya bisa berbeda. Akan tetapi, secara umum memang kedua uang itulah yang bisa digunakan.

 

Wajib Pakai Uang Asli

Cara Setor Tunai di ATM BRI Terbaru 2021, Sangat Mudah! 3
(doc. Shutter stocking/Melimey)

 

Syarat wajib setor tunai di ATM BRI yang tidak kalah penting adalah wajib menggunakkan uang asli. Uang palsu tidak akan bisa diproses oleh mesin ATM BRI.

Kamu bisa menggunakan metode 3D untuk mengetahui uang yang Anda miliki apakah asli atau tidak. Adapun 3D yang dimaksud adalah Dilihat, Diraba, dan Diterawang.

 

Uang Dalam Keadaan Bagus

Cara Setor Tunai di ATM BRI Terbaru 2021, Sangat Mudah! 4

Syarat setor tunai BRI selanjutnya adalah uang harus dalam keadaan bagus. Maksudnya uang tidak kotor, robek, atau terlipat.

Berdasarkan pengalaman saya, jika uang terlipat sedikit di bagian ujung asal dirapikan kembali masih bisa terdeteksi. Sementara itu, untuk uang yang kotor atau robek meski sedikit, mesin tidak bisa mendeteksinya.

 

Membawa ATM

Cara Setor Tunai di ATM BRI Terbaru 2021, Sangat Mudah! 5

Dan yang tidak kalah penting adalah, Anda wajib membawa kartu ATM. Karena dalam prosesnya, kamu harus memasukkan kartu ATM ke mesin ATM.

 

Menerapkan 3M

Cara Setor Tunai di ATM BRI Terbaru 2021, Sangat Mudah! 6
Dok. Polres Tuban

 

Karena sekarang kondisinya masih pandemi, maka memakai masker wajib dilakukan. Bukan hanya itu saja, ketika antri kamu harus menjaga jarak aman dengan nasabah lainnya.

Jangan lupa mencuci tangan pada tempat yang tersedia. Kita tidak bisa memastikan bahwa mesin ATM yang nantinya kita pegang benar-benar bersih, jadi supaya virus tidak masuk ke tubuh kita, cuci tangan Anda terlebih dahulu dan jangan lupa lap tangan dengan tisu (jangan memegang ATM saat tangan masih dalam keadaan basah).

 

Cara Setor Tunai di ATM BRI

Cara Setor Tunai di ATM BRI Terbaru 2021, Sangat Mudah! 7

Menyetor uang ke rekening BRI yang Anda miliki itu sangat mudah. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Pertama, silakan datang ke ATM BRI terdekat. Pastikan datang ke ATM BRI yang ada tulisan ‘setoran tunai’, sebab jika tidak ada tulisan tersebut maka tidak bisa dipakai setor tunai tetapi hanya tarik tunai saja.
  • Jangan lupa siapkan uang dalam kondisi layak, tidak terlipat, atau robek.
  • Masukkan kartu ATM Anda.
  • Selanjutya pilih bahasa dan masukkan PIN. Saat memasukkan PIN, tutup dengan tangan supaya tidak ada orang lain yang melihatnya.
  • Berikutnya silakan pilih menu setoran tunai.
  • Box tempat menyetor uang akan terbuka sekaligus di layar muncul informasi tentang setoran tunai yang bisa dilakukan uang nominal Rp50.000 atau Rp100.000
  • Masukkan uang Anda, posisinya bebas asal tidak rusak, terlipat, atau robek. Selain itu, juga harus rapi saat meletakkannya.
  • Jika sudah, box tersebut akan tertutup kembali dan mesin ATM pun mulai memproses setoran tunai Anda.
  • Jika gagal, maka box akan kembali terbuka dan uang pun juga keluar. Sementara itu, jika berhasil akan muncul konfirmasi di bagian layar jumlah uang yang akan Anda setorkan, klik setor jika jumlahnya memang sudah sesuai.
  • Setelah proses selesai, akan keluar struk bahwa setor tunai telah berhasil dilakukan.
  • Berikutnya akan muncul tulisan ‘apakah ingin melanjutkan transaksi?’ Pilih saja tidak, maka kartu ATM Anda akan keluar.

 

Penyebab Setor Tunai di ATM BRI Gagal

Cara Setor Tunai di ATM BRI Terbaru 2021, Sangat Mudah! 8

Sudah melakukan panduan dan cara setor tunai di ATM BRI seperti di atas tapi gagal? Mungkin hal-hal ini yang menjadi penyebabnya.

 

Uang Rusak, Robek, atau Terlipat

Cara Setor Tunai di ATM BRI Terbaru 2021, Sangat Mudah! 9
https://bit.ly/3obqOzu

Uang rusak, robek, dan atau terlipat adalah pantangan bagi mesin ATM setoran tunai. Jadi sebelum memasukkan uang, cek terlebih dahulu apakah uangnya dalam kondisi bagus atau tidak.

Oh ya, mungkin saja ada bekas staples di uang tanpa Anda sadari. Meski kecil, tapi isi staples ini bisa membuat proses setoran tunai menjadi gagal.

 

Uang Palsu

Cara Setor Tunai di ATM BRI Terbaru 2021, Sangat Mudah! 10
Uang palsu, dok. Polres Kulom Progo

Uang sudah rapi, tidak rusak, tidak terlipat, tidak ada isi staples bahkan kondisinya mulus banget tapi masih gagal juga? Ada kemungkinan uang yang Anda masukkan adalah yang palsu.

Karena mau sebagus apapun uangnya, jika memang palsu maka mesin ATM tidak akan bisa memprosesnya.

 

Masih Menggunakan Kartu ATM Magnetic Stripe

Seluruh nasabah bank BRI dan juga bank-bank lainnya diharapkan segera mengganti kartu ATM lama berbasis magnetic stripe ke kartu ATM baru yang berbasis chip.

Kalau Anda masih memakai kartu ATM lama, biasanya semakin sulit dipakai pada mesin ATM termasuk ketika melakukan setoran tunai. Layar mesin ATM akan muncul terus peringatan suruh mengganti kartu ATM Magnetic Stripe ke Chip.

Maka dari itu, Anda wajib mengganti kartu ATM terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Anda bisa membaca panduan yang sudah pernah saya buat sebelumnya : √ Cara Ganti Kartu ATM BRI Chip 2021 + Syarat Lengkap | Firdaus Artikel

 

Mesin ATM Rusak atau Sedang Gangguan

Penyebabnya gagalnya setoran tunai ATM BRI juga bisa karena mesin ATM yang sedang rusak atau mengalami gangguan. Kalau sudah begini, tidak ada hal lain yang bisa dilakukan kecuali berpindah ke mesin ATM lainnya.

Sebelumnya, Anda bisa menanyakan terlebih dahulu ke satpam bank. Satpam biasanya tau apakah mesin ATM sedang gangguan, rusak, atau tidak.

 

FAQ Setoran Tunai ATM BRI

Terakhir, saya ingin menjawab beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar setor tunai di ATM BRI.

 

Apakah harus menggunakan uang baru yang benar-benar mulus?

Jawabannya tidak. Uang lawa tidak masalah asalkan dalam kondisi yang benar-benar bagus.

 

Berdasarkan pengalaman pribadi, tidak bisa ya. Setor tunai bagi nasabah BRI hanya bisa dilakukan pada mesin ATM yang ada tulisannya ‘setoran tunai’ dan di ATM link tidak ada tulisan seperti itu.

Kalau Anda mau setor tunai, saya sarankan datang ke mesin ATM yang ada di depan kantor cabang bank terdekat.

 

Apakah Bisa Setor Tunai Beda ATM?

Kemungkinan besar tidak bisa. Sebab, pada umumnya setor tunai hanya bisa dilakukan pada mesin milik bank yang sama dengan kartu ATM.

Misalnya, Anda punya rekening BRI, maka setor tunai hanya bisa dilakukan di ATM BRI saja.

 

Gagal Setor Tunai Tapi Uang Tenggelam, Apa yang Harus Dilakukan?

Beberapa orang pernah mengalami gagal melakukan setor tunai tapi uang tidak keluar alias tenggelam. Bahkan, sampai kartu ATM juga ikut tertelan.

Solusinya adalah segera hubungi call center atau datangi langsung kantor cabang dan sampaikan permasalahan kepada customer service, bukan kepada teller.

 

Berapa Maksimal Setoran Tunai BRI?

Berbeda-beda sesuai jenis rekening tabungannya. Seperti ini perinciannya.

  • Simpedes Classic: Rp30 juta/hari
  • BRItAma Classic: Rp30 juta/hari
  • BRItAma Gold: Rp50 juta/hari
  • BRItAma Bisnis: Rp100 juta/hari
  • BRI Prioritas: Rp100 juta/hari

 

Berapa Biaya Setor Tunai BRI di ATM?

Tidak ada biaya tambahan. Dan saldo Anda tidak akan terpotong setelah melakukan penyetoran. Namun untuk berjaga-jaga, tidak ada salahnya membawa uang lebih.

 

Sangat mudah bukan? Demikian penjelasna lengkap mengenai, persyaratan dan cara setor tunai di ATM BRI. Untuk bank-bank lain, secara umum caranya kurang lebih sama. Sekian dan semoga bermanfaat.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *